11 October 2022, 18:20 WIB

Sirkuit Jaro Ade Racing Team Sukses Gelar Kompetisi Motor Cross


mediaindonesia.com | Nusantara

Ist
 Ist
Kejuaraan motor cross yang digelar di Sirkuit Jaro Ade (JA) Racing Team, Kabuaten Bogor, Jawa Barat.

SELURUH mata dari segala penjuru masyarakat Bogor terkesima dengan keindahan Sirkuit Jaro Ade (JA) Racing Team yang berada di Desa Cileuksa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Sirkuit JA Racing Team sendiri merupakan lokasi pada event kejuaraan motor cross Kabupaten Bogor, yang bekerja sama dengan Korem 061 Suryakencana dalam rangka HUT ke-77 TNI, Sabtu (8/10).

Penyelenggara Cileuksa Open Grasstrack, Ade Ruhandi sapaan akrab Jaro Ade mengatakan, gelaran HUT ke-77 TNI ini merupakan salah satu sarana untuk memperkenalkan event di bidang otomotif kepada masyarakat. 

Menurutnya, dengan digelarnya Cileuksa Open Grasstrack ini diharapkan mampu mengasah skill dari para crosser yang selama dua tahun kebelakang sempat vakum karena covid-19.

Baca juga: BPBD: Korban Pergeseran Tanah di Bojongkoneng Enggan Direlokasi

Bahkan, menurut Jaro Ade, lokasi sirkuit JA Racing Team sendiri bisa menjadikan objek wisata, karena memiliki keindahan pemandangan alam yang luar biasa indah.

“Insya Allah dari event ini, para atlet bisa kembali tampil hingga berhasil di even-even lokal maupun internasional,” ujar Jaro Ade, saat dihubungi, Selasa (11/10)

Menurutnya, ada ratusan crosser yang turut serta dalam event yang pertama kali digelar ini.

Para pesertanya pun tak hanya dari wilayah sekitar Bogor Raya saja, melainkan dari beberapa wilayah di luar Jawa Barat pun turut serta.

Digelarnya event ini juga, kata Jaro Ade, terselenggara setelah mendapatkan rekomendasi dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) Korwil Jawa Barat.

“Alhamdulillah rekomendasi dari korwil IMI Jabar kepada JA Racing, selanjutnya yan mendaftarkan 440 starter. Dan event ini merupakan pemecah rekor terbayak di HUT TNI tahun 2022," terangnya.

Jaro Ade menyampaikan apresiasinya atas komitmen Pemkab Bogor dalam upaya pemulihan pasca-bencana di Sukajaya.

“Tadi sambil ngobrol, sambil makan, ternyata Plt Bupati bukan hanya berkunjung ke Sirkuit Cileuksa, tapi juga ke beberapa titik lokasi yang dulu terkena bencana alam pada tahu 2020, ke Desa Cisarua, Pasirmadang, lewat perbatasan Banten dan turun di Cileuksa melihat kondisi huntara," bebernya. 

Dengan kegiatan yang dilakukan Plt Bupati ini, sambung Jaro Ade,  merupakan semangat antara eksekutif dan legislatif dalam berkomitmen terhadap pemulihan pasca-bencana Sukajaya. 

"2023 harus tuntas pembangunan dan lahan pertanian juga harus mendapat perhatian karena menjadi tempat warga mencari nafkah,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan saat meninjau lokasi pembangunan hunian tetap (huntap) dan juga mengadiri kegiatan Event JA Racing Team mengaku kagum dengan helaran yang digelar diperbatasan di ujung barat Kabupaten Bogor tersebut.

"Ini sirkuitnya keren, dan semoga bisa menjadi permanen kedepannya agar bisa digunakan dalam kegiatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke depannya. acaranya juga top banget," singkatnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Bogor Dapil 5, Permadi Dalung selaku yang mewakili Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan, pihaknya juga saat ini akan mengawal 1.500 unit huntap untuk warga di wilayah Sukajaya di perubahan 2022 dan harus tuntas di tahun 2023.

Pun juga, akan memperkenalkan dan eksplorasi potensi wisata alam di wilayah Sukajaya, khususnya Cileuksa yang saat ini mempunyai Sirkuit JA Racing Team.

"Di samping acara HUT TNI ke 77, kita juga akan mengawal Huntap sebanyak 1.500 unit untuk masyarakat Cileuksa, khusunya Sukajaya yang terdampak bencana alam tahun lalu agar segera tuntas di 2023, pun juga dengan potensi wisata yang dimiliki, karena Cileuksa ini punya potensi wisata yang indah, dan punya nilai jual," ucapnya. 

Di satu sisi lain, Danrem 061/SK, Brigjen TNI Rudy Saladin yang juga mneninjau lokasi hunian sementara (Huntara) di Desa Cileuksa, meminta Pemerintah Kabupaten Bogor maupun pusat untuk fokus dalam menangani pemulihan pasca bencana.

“Harus ada follow up dari pemerintah daerah maupun pusat yang harus memonitor terus menerus,” kata Rudy.

Tak hanya meninjau, pihaknya juga melakukan pembagian sembako untuk meringankan beban masyarat yang masih di huntap.

"Kami juga melakukan pengobatan gratis untuk memasitikan masyarat kita sehat dan dilanjutkan dengan penanaman pohon buah dan membagikan bibit tanaman kepada masyarakat sekitar demi menjaga ekosistem alam sesuai dengan program bapak Presiden," jelas Rudy.

Kegiatan ini diikuti langsung oleh Dandim 0621 Letkol Kav Gan Gan Rusgandara, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin, dan Ketua IMI Kab. Bogor Aan Triana Almuharom. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT