02 October 2022, 10:13 WIB

Wujudkan Kampung Batik Karawang untuk Teman-teman Difabel dan Seniman Berkarya


Mediaindonesia.com | Nusantara

Dok. BenihBaik
 Dok. BenihBaik
Akeyla Naraya di Kampung Batik Karawang

USIA Akeyla Naraya memang baru 12 tahun, tapi dia sudah go international dengan produk fesyennya. Akeyla membawa batik Indonesia khususnya Batik Karawang di berbagai acara pagelaran busana dunia seperti di Rusia, Lebanon, dan Kirgistan.

Cikal bakal Akeyla terjun ke dunia fesyen sudah terlihat pada usia 2 tahun, saat itu dia suka menggambar. Kemudian di usia enam tahun Akeyla mulai menggambar desain baju dari referensi buku desain milik sang ibu. Sampai akhirnya dia bisa memproduksi busana fesyen.

Pencapaian Akeyla tersebut tak lepas dari dukungan kedua orang tuanya yang mengarahkan minat dan bakat Akeyla pada media yang tepat. Impian Akeyla untuk bisa menjadi desainer dunia pun terbuka lebar. 

Tidak hanya menjadi desainer dunia, Akeyla punya mimpi lain yang ingin dia wujudkan. Akeyla ingin membangun Kampung Batik Karawang di daerah Tunggak Jati, Tanjung Pura, Karawang, Jawa Barat. 

Sebagai gambaran, Kampung Batik Karawang nantinya akan menjadi salah satu destinasi wisata budaya yang bisa dikunjungi. Wisatawan akan disambut dengan berbagai mural batik khas Karawang.

Baca juga : The Tales of Batik di Concentrix Yogyakarta Raih Penghargaan

Para wisatawan bisa berkeliling, berkunjung ke berbagai gerai untuk melihat dan membeli berbagai jenis kerajinan batik lokal khususnya Batik Karawang. 

Selain membeli, para wisatawan juga bisa belajar untuk membuat kerajinan batik mereka sendiri dengan pewarna alami. Kehadiran Kampung Batik Karawang memberikan kesan dan pengalaman tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.

Akeyla mengatakan mimpi untuk membangun Kampung Batik Karawang ini agar dia bisa memfasilitasi teman-teman difabel bekerja dan berkreatifitas. Bukan hanya sekadar tempat produksi produk fesyen, Kampung Batik Karawang bisa menjadi tempat pelatihan bagi pelajar dan siapapun sekaligus pertunjukan seni yang melibatkan seniman. 

"Peran Kampung Batik Karawang jadi lebih inklusif. Ini bukan hanya sekadar workshop tetapi agar teman-teman difabel bisa bekerja dengan baik di sini. Kemudian saya ingin memberdayakan masyarakat di sekitar kampung bisa sustain," ungkap Akeyla. 

TemanBaik, yuk wujudkan Kampung Batik Karawang agar teman-teman difabel dan seniman di Karawang, Jawa Barat bisa terus berkarya dengan cara:

  1. Klik “Donasi Sekarang” 
  2. Isi nominal.
  3. Pilih metode pembayaran. Donasi bisa lewat OVO, DANA, LinkAja, BCA KlikPay, KlikBCA, BRI E-Pay Sakuku, Go-Pay dll. Bisa juga lewat Transfer Bank (BCA, Mandiri, BRI, BNI). Atau lewat Kartu Kredit.

(RO/OL-7)

BERITA TERKAIT