01 October 2022, 18:25 WIB

Obyek Wisata Loh Buaya Pulau Rinca Kembali Dibuka Untuk Umum


John Lewar | Nusantara

MI/John Lewar
 MI/John Lewar
Wisatawan melihat komodo di kawasan Loh Buaya, Pulau Rinca, NTT. 

LOH Buaya, salah satu kawasan wisata milik Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) di Pulau Rinca, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) NTT, telah dibuka untuk umum mulai Sabtu (1/10).

"Obyek wisata Loh Buaya di Pulau Rinca telah dibuka untuk wisatawan," ujar Pius Baut, Kepala Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat, Sabtu (1/10).

Sebelumnya, Loh Buaya yang merupakan salah satu pusat kunjungan untuk melihat satwa komodo, ditutup setahun lebih guna penambahan fasilitas demi kelancaran arus kunjungan agar ekosistem di loh buaya maupun pengunjung tidak terganggu dari ancaman Komodo.

Pius Baut mengatakan, obyek wisata Loh Buaya sudah bersifat premium. Hal itu dikarenakan di sana telah dibangun elevated deck untuk wisatawan. "Jadi itu artinya bisa di kunjungi semua kalangan termasuk mengunakan kursi roda sekalipun karena fasilitasnya bertaraf premium," terang Pius Baut.

Wisatawan yang datang berkunjung ke Loh Buaya Pulau Rinca akan dipandu oleh naturalist guide untuk menyusuri elevated deck sampai ke Niang Komodo (museum) dan akan kembali lagi ke dermaga. "Wisatawan tidak turun ke tanah dan akan melihat komodo dari deck yang mirip jalan layang," tambahnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT