30 September 2022, 05:50 WIB

Sertifikat Halal Gratis dan Bazar Sembako Murah di Bandung Diserbu


mediaindonesia.com | Nusantara

dok.sahabat sandi
 dok.sahabat sandi
Pelaku usaha antre mendaftarkan Sertifikasi Halal gratis yang digelar Relawan UKM Sahabat Sandi Bandung di Kedai Kopi Salarea, Kota Band

RATUSAN masyarakat dan UMKM di Bandung menghadiri kegiatan Sertifikasi Halal dan Bazar Sembako Murah yang digelar oleh Relawan UKM Sahabat Sandi Bandung di Kedai Kopi Salarea, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kagiatan sertifikasi halal dilakukan untuk membantu UMKM agar produknya bisa naik kelas dan bisa dipasarkan lebih luas. Hal ini juga guna menjamin kelayakan produk untuk dapat digunakan masyarakat dengan aman.

"Sertifikasi halal untuk legalitas UMKM agar naik kelas, jadi biar produk mereka bisa masuk pasar - pasar luas seperti supermarket, bisa ekpor juga. Kita bantu mereka karena itu syarat utama untuk bisa memasarkan lebih luas lagi," kata Dewi Trianawati, Ketua UKM Sahabat Sandi Bandung, Kamis (29/9/2022).

Selain kegiatan sertifikasi kehalalan untuk UMKM, relawan juga mengadakan bazar sembako murah untuk masyarakat sekitar. Merangkak naiknya harga sembako membuat relawan bertekad untuk saling membantu masyarakat yang terdampak kenaikan harga bahan pokok.

"Kita mengadakan bazar sembako murah karena saat ini sembako sedang melambung tinggi. Kita tergerak untuk mengadakan bazar pasar murah sebagai solusi meringankan beban ekonomi mereka," kata Dewi.

Dewi mengungkapkan, antusias masyarakat sangat tinggi dalam bazar murah sembako yang digelar. Ia juga akan memperbanyak sembako murah untuk masyarakat yang saat ini belum sempat mengikuti kegiatan sembako murah.

Sementara itu, Sri Sulastri salah satu pembeli sembako murah mengatakan dirinya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut. Lantaran ia tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa mendapatkan bahan pokok yang cukup mahal saat ini.

"Sembako sekarang lagi mahal. Allhamdulillah sangat membantu disaat seperti ini, kita cuma modal Rp 50.000 udah dapet banyak, harusnya ini bisa Rp 100.000 lebih," kata Sri.

Program yang dijalankan Sandiaga ternyata sangat berpengaruh kepada masyarakat. Mereka merasa program tersebut sangat terasa, dan membantu masyarakat dalam hal ekonomi, lapangan pekerjaan, dan UMKM. (OL-13)

BERITA TERKAIT