29 September 2022, 15:49 WIB

Hari Ini, Titik Api Tidak Terlihat Laagi di Hutan Gunung Ciremai


Nurul Hidayah | Nusantara

dok.Ant
 dok.Ant
Petugas pemadam kebakaran pemkab Kuningan menuju lokasi karhutla di Desa Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat, Selasa (27/9)

HARI ini tidak terlihat lagi titik api di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Namun patroli tetap disiagakan mengantisipasi kemungkinan kebakaran susulan.

Berdasarkan informasi dari Pusdalops BPBD Kabupaten Kuningan, dua titik api yang tersisa berhasil dipadamkan pada Rabu (28/9). Masing-masing titik api yang ada di Blok Kupak di sekitar Jalan Bukit Seribu Bintang yang berhasil dipadamkan pukul 17.00 WIB serta api di lokasi Blok Pajaten dan Batu Panjara yang berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.00 WIB.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana menjelaskan untuk hari ini kondisi aman dan belum terpantau titik api lagi. "Semoga tetap kondusif. Cuaca hari ini juga tidak terlalu panas," tutur Indra, Kamis (29/9).

Hari ini, lanjut Indra, tim gabungan melakukan mopping up dan pengecekan di bekas lokasi yang terbakar. Ini dilakukan untuk memastikan kondisi api sudah benar-benar padam.

Seperti diberitakan sebelumnya hutan di kawasan TNGC terbakar. Api pertama muncul di Jalan Maling, Blok Cileutik, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Minggu (25/9). Api kemudian menyebar ke berbagai titik lainnya karena panas terik matahari dan angina yang cukup kencang.
Kondisi diperparah dengan semak belukar kering yang cukup tinggi.  Titik api yang terbakar tersebar di sejumlah blok di Desa Pasawahan, Desa Padabeunghar, Desa Kaduela di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Sebelumnya, kepala BTNGC, Teguh Setiawan menjelaskan kebakaran yang melanda hutan di kawasan TNGC diduga akibat faktor manusia. "Dugaan penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan ini adalah faktor manusia. Apakah memang disengaja atau tidak, ini yang masih dalam penyelidikan
bersama dengan pihak penegak hukum," tutur Teguh.

Teguh juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang secara sukarela membantu mereka memadamkan api. "Dengan adanya kerja sama seluruh pihak, teruetama masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, kebakaran lebih mudah dipadamkan,"tutur Teguh. (OL-13)

Baca Juga: Bobotoh Minta Kejelasan Soal Distribusi Tiket Laga Persib vs Persija

 

BERITA TERKAIT