23 September 2022, 20:24 WIB

Pemprov Sumsel Dorong Daerah Kembangkan Potensi Wisata Baru


Dwi Apriani | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Pulau Kemaro, salah satu obyek wisata di Sumsel. 

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus mendorong 17 kabupaten/kota agar lebih kreatif menciptakan tempat wisata baru dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar tempat tinggal dan lingkungan desa atau kelurahan. Apalagi potensi alam, seni dan budaya lokal yang ada di sekitar lingkungan masyarakat belakangan ini mulai banyak dimanfaatkan sebagai tempat wisata menarik.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan saat ini banyak tempat wisata baru yang diciptakan masyarakat, dengan memberikan sedikit sentuhan penataan dan penambahan fasilitas wisata yang dibangun secara perorangan maupun berkelompok tanpa mengeluarkan dana yang besar. "Kreativitas masyarakat tersebut akan terus didorong sehingga bisa tumbuh lebih banyak tempat wisata baru yang menarik," jelas Herman Deru.

Ia mencontohkan Kota Palembang yang bisa menjadi tempat wisata air dan wisatawan lokal serta mancanegara dapat mengenal rumah adat yang ada di sekitar sungai. Kemudian masyarakat Desa Burai, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir membuat tempat wisata yang dikenal kampung warna warni.

Dengan adanya tempat wisata yang diciptakan dan dikembangkan oleh masyarakat, diharapkan semakin banyak objek wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan agar mereka tertarik berkunjung ke berbagai daerah Sumsel.

Selain mendorong tumbuhnya tempat wisata baru, jelas Gubernur, Pemprov Sumsel juga terus berupaya mendorong pemerintah daerah melakukan pembenahan sejumlah objek wisata andalan di daerahnya masing-masing. Hal itu diperlukan agar objek wisata menjadi lebih menarik dan nyaman untuk dikunjungi.

"Melalui upaya tersebut diharapkan semakin banyak pilihan tempat wisata menarik serta mewujudkan target kunjungan wisatawan pada 2022 ini minimal 1,5 juta orang," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT