22 September 2022, 19:09 WIB

Pemkot Palembang Sosialisasikan KTP Digital


Dwi Apriani | Nusantara

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Sekda Palembang Ratu Dewa saat sosialisasi KTP Digital kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Palembang, Kamis (22/9).

PEMERINTAH Kota Palembang, Sumsel mulai sosialisasikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Digital menggantikan E-KTP kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (22/9). Sekrrtaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan, pengalihan E-KTP menjadi KTP digital akan dimulai dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Palembang.

"Secara bertahap kita terapkan bersama masyarakat. Saat ini dimulai dari ASN yang ada di OPD Palembang," kata Dewa.

Ia menjelaskan sebanyak 11.000 KTP Digital akan diterapkan kepada ASN dan dilanjut para pegawai Non PSD dan PHL yang berkerja dilingkup Pemkot Palembang. "Saya akan cek OPD mana saja yang melambat melaksanakan instruksi ini, contoh dinas A dinas B nanti saya ceklis, dan juga saya akan beri waktu selama satu bulan sampai satu bulan setengah," ujarnya.

Ratu Dewa menyebutkan, keunggulan dari KTP digital ini berupa, efisiensi anggaran, tidak lagi membeli blanko dan tinta yang relatif cukup lama antrinya. "Kalau ini cepat ketika sudah masuk KTP digital kita bisa menunjukkan barcode nya saja," tambahnya.

Jika ada masyrakat yang tidak memiliki android, dirinya mengakui, Pemkot telah melaporkan kepada Pemerintah Pusat. "Ini masih menjadi PR kami," tungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Palembang, Dewi Isnaini mengatakan, syaratnya pertama KTP digital yakni sudah memiliki E-KTP. "Nanti mereka mendapat kode dari pusat maka itu kode itulah yang akan menjadi barcode nya," katanya.

Diakuinya, jika masyarakat mengalami perubahan pada data diri, maka dengan KTP digital, pihaknya lebih mudah untuk melakukan perubahan. "Tidak perlu lagi membuat KTP yang baru cukup KTP yang ada di android jadi datanya tinggal diperbaiki saja," ujarnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT