22 September 2022, 17:34 WIB

Banjir Dan Tanah Longsior Ancam Sebagian Wilayah Banyumas Dan Purbalingga


Lilik Darmawan | Nusantara

Medcom
 Medcom
Ilustrasi 

STASIUN Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah (Jateng)  mengeluarkan peringatan potensi dini hujan deras di Kabupaten Banyumas dan Purbalingga.

Pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan di Banyumas ada tiga kecamatan yang patut waspada, sedangkan di Purbalingga satu kecamatan

"Di Banyumas, tiga kecamatan yang berpotensi hujan deras adalah Cilongok, Kedungbanteng dan Baturraden. Ketiganya merupakan kecamatan di lereng selatan Gunung Slamet. Sedangkan di Purbalingga yang perlu  waspada adalah Bojongsari," jelasnya, Kamis (22/9).

Menurutnya prakiraan hujan deras yang berpotensi memunculkan bencana hidrometeorologi akan berlaku hingga Jumat (23/9). "Perlu diwaspadai bencana banjir, longsor dan angin kencang setidaknya di dua kabupaten tersebut," katanya.

Pada Rabu (21/9) sore, hujan deras yang mengguyur Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok telah mengakibatkan luberan air dari embung milik Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTUHPT). Akibatnya, air melimpas ke jalan. Demikian juga pada Kamis (22/9) sore ini, hujan deras di wilayah setempat juga mengakibatkan air melimpas ke jalan.

Kepala Pelaksana BPBD Banyumas Budi Nugroho mengatakan pihaknya terus memantau kondisi di lapangan. Saat sekarang, embung tengah diperbaiki. (OL-15)

BERITA TERKAIT