21 September 2022, 22:58 WIB

Pengamanan Jalur Kereta Api Di Sumut, KAI Gandeng TNI dan Polri


Yoseph Pencawan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Penumpang kereta api.

PT KAI meningkatkan pengamanan jalur kereta api di wilayah Sumatera Utara melalui jalinan kerja sama dengan Polda Sumut dan Kodam I/Bukit Barisan. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU).

MoU diteken Mayjen TNI Dwi Sulakso, CDD Of security PT KAI, bersama dengan Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Daniel A Chardin dan Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari.

Penandatangan naskah kerja sama ini dilakaukan di kereta Rail Link rute Medan-Kualanamu, Rabu (21/9). "Perjanjian kerja sama ini adalah tindaklanjut dari MoU antara TNI-Polri dan PT KAI di tingkat pusat," ungkap Mayjen TNI Dwi Sulakso.

Dengan kerja sama ini, jelas dia, seluruh jalur kereta api di Sumut akan dikawal polisi dan tentara, secara intensif. Personel kepolosian  dan TNI akan melakukan pengamanan terhadap jalur kereta api, baik kereta penumpang maupun kereta barang atau logistik.

Kapolda Sumut Irjen Panca memastikan pihaknya akan mendukung penuh pengamanan jalur-jalur kereta api dan berbagai infrastruktur pendukungnya di Sumut. Selain itu pihaknya juga akan membantu PT KAI mengajak seluruh lapisan masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api yang sudah ada di Sumut sejak zaman kolonial Belanda.

Dalam beberapa waktu terakhir, moda transportasi kereta api di Sumut mengalami pembangunan yang tergolong signifikan. Kota Medan bahkan sudah diproyeksikan Medan menjadi aglomerasi (pemusatan) jalur kereta api di beberapa daerah.

Berbagai infrastruktur kereta api di Sumut juga ditingkatkan. Seperti pembangunan jalur kereta api segmen Rantauprapat-Pondok dan proyek peningkatan jalur kereta api lintas Araskabu-Tebingtinggi-Siantar. Kemudian proyek peningkatan jalur kereta api lintas Medan-Binjai 174 dan proyek pembangunan jalur kereta api Langsa-Besitang. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT