16 September 2022, 22:35 WIB

Kawasan Sarongge Cianjur Tawarkan Wisata Alam dan Hortikultura


Benny Bastiandy | Nusantara

MI/Benny B
 MI/Benny B
Kawasan wisata Sarongge di Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kerap digunakan untuk kegiatan luar ruang.

KAWASAN Sarongge di Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menawarkan wisata alam dengan berbagai potensinya. Kondisi cuaca yang sejuk karena berada di kawasan pegunungan, Sarongge bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Ujang, petani hortikultura di kawasan Sarongge, menuturkan, wilayahnya banyak dikunjungi wisatawan, terutama dari luar daerah. Masyarakat setempat pun pada akhirnya berinovasi dengan membuat berbagai paket wisata yang bisa menarik minat wisatawan.

"Sarongge itu berada di kaki Gunung Gede. Hawanya sejuk dan pemandangannya indah. Makanya, setiap akhir pekan biasanya banyak wisatawan yang datang," kata Ujang, belum lama ini.

Suasana perdesaan cukup terasa begitu memasuki kawasan Sarongge. Hamparan lahan tanaman hortikultura maupun perkebunan teh mewarnai suasana perjalanan ke tempat tersebut.


Baca juga: Nagari Salido Ingin Kembangkan Kawasan Pantai Jadi Wisata Unggulan


"Kebanyakan warga di sini memang menggeluti tanaman sayuran," tuturnya.

Ujang menuturkan berlibur di kawasan Sarongge tak hanya menikmati hawa sejuk dan indahnya pemandangan. Lebih dari itu, jika tiba musimnya, para wisatawan pun bisa melihat langsung para petani memanen hasil tanaman hortikultura seperti tomat, cabai, kubis, atau komoditas sayuran lainnya.

"Kadang ada wisatawan yang membeli langsung. Bahkan kalau mau, wisatawan bisa memetik sendiri yang diinginkan," imbuh Ujang.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, terdapat beberapa homestay. Harga sewanya relatif terjangkau bagi semua kalangan.

"Kebanyakan yang datang ke sini memang dari luar kota," pungkasnya.

Kawasan Sarongge juga merupakan salah satu penghasil kopi lokal terbaik di Kabupaten Cianjur. (OL-16)

 

BERITA TERKAIT