06 September 2022, 21:54 WIB

Kekeringan Landa Wilayah Sampang, BPBD Akan Salurkan Bantuan Air Bersih


Mohammad Ghazi | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi bantuan air bersih.

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang, Jawa Timur, akan menyalurkan bantuan air untuk desa-desa dengan kategori kering kritis. Bantuan air tersebut akan didistribusikan ke titik strategis di masing-masing desa.

Berdasar data di BPBD setempat, dari 180 desa di Kabupaten Sampang, jumlah desa yang berstatus kering kritis mencapai 63 desa yang tersebar di 10 dari 14 kecamatan. Pelaksana tugas Kepala BPBD Sampang, sroni, menjelaskan 63 desa itu masuk kategori kering kritis karena jauh dari sumber mata air, sementara sumber mata air yang ada di desa-desa tersebut tidak mampu mencukupi kebutuhan air bersih penduduknya.

"Jumlah itu menurun dibanding tahun lalu yang mencapai 74 desa karena musim kemarau yang mundur," kata Asroni.

Ia menjelaskan, bantuan air bersih untuk desa-desa kering kritis itu akan dikirim jika pemerintah desa sudah menyiapkan titik distribusi yang mudah dijangkau masyarakatnya.

Pihaknya belum memutuskan membatasi jumlah bantuan untuk masing-masing desa. Namun dalam satu hari hanya dilakukan satu kali pengiriman untuk masing-masing titik distribusi. "Kami masih akan mengukur dengan kebutuhan air bersih di desa-desa tersebut," kata Asroni. (OL-15)

BERITA TERKAIT