02 September 2022, 22:21 WIB

Pemkot Palembang Gelar Car Free Night Di Kawasan Sekanak Lambidaro


Dwi Apriani | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Kawasan wisata Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang, Sumsel. 

PEMERINTAH Kota Palembang, Sumsel menggelat Car Free Night (CFN) di kawasan aliran Sungai Sekanak-Lambidaro di Jalan Radial, Kecamatan Bukit Kecil, Jumat (2/9). Selanjutnya, CFN akan digelar setiap Sabtu dan Minggu pukul 18.00 WIB-24.00 WIB.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya kebijakan baru ini maka Sekanak-Lambidaro bisa menjadi destinasi wisata pedestrian yang nyaman untuk masyarakat hingga wisatawan domestik atau mancanegara.

Ia menerangkan digelarnya car free night guna mendukung rencana pemerintah kota Palembang dalam menjadikan kawasan tersebut sebagai jalur pejalan kaki, disertai wisata kuliner, kriya, dan hiburan. Dijelaskan Dewa, UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan komunitas kesenian Palembang yang terdata akan dipusatkan di kawasan tersebut.

Rencana car free night ini sudah melakukan koordinasi lintas sektoral dengan pemerintah kecamatan, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), dan Satuan Polisi Lalu Lintas di Palembang. Adapun kawasan Sekanak-Lambidaro menggantikan Jalan Jenderal Sudirman, jalur utama dalam kota yang harus bebas dari keramaian UMKM.

Pemkot Palembang sudah membuat rekayasa lalu lintas agar menghindari kemacetan. Kabid Pengawasan, Pengendalian dan Operasional Lalu Lintas Dishub Kota Palembang, Julyanzah mengatakan titik ruas jalan yang ditutup yakni mulai sepanjang Jl Radial di Pasar 26 Ilir hingga Simpang Empat Lampu Merah Rumah Susun Ilir Barat Palembang.

"Rekayasa jalur yang diterapkan Dishub yakni, Jalan Datuk M Akib bisa lurus ke Jalan Ahmad Dahlan, atau belok ke kiri jalur satu arah Jalan Mujahidin ke Jalan Merdeka. Termasuk jalur di Simpang Empat Rusun ke arah Pasar 26 Ilir Jalan Radial kita tutup," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT