28 August 2022, 17:10 WIB

Gelombang 6 Meter Ancam Perairan Selatan Jawa


Lilik Darmawan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

STASIUN Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah (Jateng)  memperingatkan potensi terjadinya gelombang tinggi mulai di perairan selatan Pulau Jawa, 29-30 Agustus. Tinggi gelombang diperkirakan dapat mencapai 6 meter.

Pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Sawardi mengatakan bahwa mulai 29-30 Agustus gelombang di perairan selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY sangat tinggi. "Gelombang sangat tinggi berkisar antara 4-6 meter. Sedangkan untuk kecepatan angin maksimal dapat mencapai 20  knot dari arah timur dan tenggara," kata Sawardi, Minggu (28/8).

Menurutnya, gelombang sangat tinggi di Jawa Barat terjadi di Sukabumi, Cianjur, Garut hingga Pangandaran. Sedangkan di Jateng, terjadi di Cilacap, Kebumen dan Purworejo. Sedangkan di DIY, gelombang tinggi potensial terjadi di Kulonrpogo, Bantul hingga Gunungkidul.

Dijelaskan oleh Sawardi, kepada pengunjung pantai, nelayan dan pengguna jasa kelautan lainnya untuk waspada. "Kami minta masyarakat pesisir seperti nelayan dan pengunjung pantai untuk waspada terhadap cuaca buruk yang potensial terjadi," tambahnya. (LD)

 

BERITA TERKAIT