24 August 2022, 15:41 WIB

Gelombang Tinggi Ancam Perairan Selatan Jabar, Jateng dan DIY


Lilik Darmawan | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

STASIUN Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mengeluarkan peringatan potensi gelombang tinggi. Di perairan selatan Jateng dan DIY, diperkirakan ketinggian gelombang dapat mencapai hingga 4 meter.

Pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Feriharti Nugrohowati mengatakan ketinggian gelombang di perairan selatan Jawa Barat (Jabar), Jateng dan DIY berkisar antara 2,5 meter hingga 4 meter. "Gelombang tinggi, salah satunya dipicu oleh pola angin di wilayah Indonesia," jelas Feriharti, Rabu (24/8).

Menurut Feriharti, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara - barat daya dengan kecepatan berkisar 5 knot - 20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari timur - tenggara dengan kecepatan berkisar 5 knot - 25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Banten hingga selatan Jawa Timur, Perairan selatan Bali hingga Sumbawa, Laut Jawa, Laut Bali, Laut Sumbawa, Laut Flores, Laut Banda, Perairan Kepulauan Sermata hingga Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru," ungkapnya.

Dia mengungkapkan potensi gelombang tinggi antara 2,5 hingga 4 meter di Jabar terjadi di perairan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya hingga Pangandaran. "Kemudian di Jateng di perairan Cilacap, Kebumen dan Purworejo. Sementara untuk DIY adalah Kulonprogo, Bantul hingga Gunungkidul," katanya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT