16 August 2022, 11:51 WIB

Sosialisasi Kejuaraan Dunia dengan Gowes Pendidikan


SURYA SRIYANTI | Nusantara

Ist
 Ist
  

MATA warga dunia, dalam dua pekan ke depan akan tertuju ke Kalimantan Tengah. Di Palangkaya Raya, ibu kota provinsi itu, ratusan atlet internasional akan berlaga dalam kejuaraan dunia balap sepeda gunung City Mountain Bike Union Cycliste Internationale (UCI) MTB Eliminator World Cup 2022 seri ke-8.

Persiapan tidak hanya dilakukan di bidang infrastruktur saja. Pemerintah provinsi juga melakukan sosialisasi untuk warga, agar mereka ikut menyambut ajang besar ini.

Jumat (12/8), pemprov menggelar Gowes Pendidikan. Acara itu dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten dan kota.

“Gowes Pendidikan merupakan bentuk dukungan untuk suksesnya penyelenggara UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Palangka Raya pada 28 Agustus,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Ahmad Syaifudi di Palangka Raya.

Dia menjelaskan pelaksanaan Gowes Pendidikan serentak di seluruh kabupaten dan kota diharapkan membantu mengoptimalkan sosialisasi adanya penyelenggaraan kejuaraan dunia sepeda di Kalteng. “Kami mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk turut berpartisipasi menyukseskannya.”

Partisipasi

Terpilihnya Palangka Raya sebagai salah satu tempat penyelenggaraan kejuaraan dunia sepeda tersebut, lanjut dia, merupakan suatu kebanggaan sekaligus momentum strategis bagi Kalteng agar dapat lebih dikenal di mata dunia. Karena itu, semua pihak diharapkan berpartisipasi untuk turut serta menyukseskan ­penyelenggaraannya.

“Apalagi masyarakat dari berbagai negara akan berdatangan ke Palangka Raya,” tandasnya.

Gowes Pendidikan, tambah Syaifudi, juga sebagai sarana silaturahmi khususnya di lingkungan pendidikan, karena diikuti oleh keluarga besar dinas pendidikan, pelajar, serta para tenaga pendidik. “Ini juga  sebagai sarana penerapan hidup sehat dengan berolahraga dengan cara bersepeda bersama-sama.”

Sementara itu Ketua Panitia Adriansyah menyampaikan, untuk Kota Palangka Raya ada sekitar 1.800 peserta yang berpartisipasi, baik pelajar dari jenjang SD hingga SMA sederajat, para tenaga pendidik dan warga.

Adapun kejuaraan dunia sepeda UCI MTB Eliminator World Cup 2022 akan dilaksanakan di Palangka Raya pada 28 Agustus. Arena kejuaraan berada di kompleks Stadion Tuah Pahoe. (SS/Ant/N-2)

BERITA TERKAIT