16 August 2022, 11:46 WIB

Kalimantan Tengah Siap Jadi Tuan Rumah UCI MTB Eliminator World Cup 2022


Surya Sriyanti | Nusantara

Ist
 Ist
Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran,

PERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 menjadi momentum istimewa bagi Provinsi Kalimantan Tengah. Daerah ini telah ditunjuk oleh Pengurus Besar (PB) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) sebagai tuan rumah penyelenggaraan event kejuaraan dunia balap sepeda gunung City Mountain Bike Union Cycliste Internationale (UCI) MTB Eliminator World Cup 2022 seri ke-8.

Perhelatan event dunia tersebut akan digelar pada 28 Agustus 2022 di area Stadion Tuah Pahoe, Kota Palangka Raya, ibu kota Kalimantan Tengah. UCI MTB Eliminator World Cup 2022 merupakan kejuaraan terbuka tingkat dunia yang digelar di 11 negara termasuk Indonesia.

Di Kawasan Asia Tenggara, Indonesia merupakan satu-­satunya negara yang menyelenggarakan kejuaraan ini. Kalimantan Tengah, tepatnya Kota Palangka Raya telah dipercaya sebagai tempat penyelenggaraan  ajang bergengsi ini.

Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, yang juga Ketua ISSI Kalimantan Tengah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada PB ISSI yang telah mem­per­ca­ya­kan Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah kejuaraan dunia UCI MTB Eliminator World Cup 2022 “Momentum luar biasa ini harus dipersiapkan dengan baik serta dimanfaatkan dengan optimal untuk menggerakkan semua sektor. Pasalnya, wajah Indonesia ada di Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sugianto menyebut ajang kejuraaan yang akan diikuti atlet dari 32 negara ini merupakan momentum stra­tegis dalam memperkenalkan Kalimantan Tengah di mata dunia. “Pada acara ini, Kalteng juga akan mempromosikan produk-produk unggulan dari usaha kecil menengah, destinasi wisata, dan keragaman budaya yang berpijak pada kekayaan dan keraifan lokal.”

Pihaknya, lanjut dia, akan menyiapkan dengan baik produk-produk unggulan UMKM, paket wisata, hingga pagelaran kesenian dan budaya untuk memerkenalkan kekayaan dan keraifan lokal. “Ini akan menjadi ajang promosi daerah yang sangat stra­tegis, di samping menjadi daya ungkit perekonomian agar segera pulih akibat hantaman pandemi covid-19, dua tahun terakhir,” tandas Sugianto, di Palangka Raya.

Persiapan matang

Dalam persiapannya, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah bersama Pemerintah Kota Palangka Raya dan panitia telah melakukan pembenahan-pembenahan dan penataan. Kota Palangka Raya tampil lebih meriah dan cantik.

Mulai dari gerbang kedatangan peserta yaitu Bandara Tjilik Riwut hingga pembenahan fasilitas-fasilitas umum. Sentuhan apik juga dilakukan di sentra industri hingga tempat wisata, sehingga Kalimantan Tengah benar-benar siap dan pantas menyelenggarakan event kejuaraan dunia.

Tidak ketinggalan, masyarakat juga antusias menyambut gelaran UCI MTB ini. Warga sadar mereka akan menjadi saksi bahwa Kalimantan Tengah dipercayakan menggelar event bertaraf internasional.

Sementara itu pembangunan sirkuit tempat  dilaksanakannya kejuaraan ke­siapannya sudah mencapai 90%. Sesuai jadwal, pembangunan infrastruktur akan kelar pada 20 Agustus 2022.

Gubernur Kalimantan Tengah, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah beserta anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan Ketua Panitia Penyelenggara H Agustiar Sabran telah meninjau langsung kesiapan sirkuit, Rabu (10/8). Mereka juga menjajal sirkuit yang akan dipergunakan pada 28 Agustus mendatang.

“Alhamdulilah, sebagaimana kita lihat venue event UCI MTB Eliminator World Cup 2022 ini akan selesai sesuai target. Menuju 10 hari penyelenggaraan UCI-MTB tidak ada lagi kegiatan yang bersifat membangun. Tinggal melihat jika ada sedikit yang kurang, segera akan dilengkapi,” tegas Gubernur Sugianto.

Kehadiran Presiden

Pada kesempatan yang sama, Agustiar menambahkan bahwa dukungan masyarakat Kalimantan Tengah adalah kunci suksesnya penyelenggaraan UCI MTB Eliminator World Cup 2022. “Dukungan masyarakat Kalteng, keter­tiban dan keamanan menjadi kunci suksesnya event UCI MTB eliminator World Cup 2022. Mari kita tunjukkan bahwa masyarakat Kalimantan Tengah memiliki budaya yang santun dan terbuka dengan siapa saja, sebagaimana fasafah Huma Betang,” ungkapnya.

Untuk membuka gelaran event dunia ini, Gubernur telah mengundang Presiden RI Joko Widodo yang diharapkan membuka secara langsung  UCI MTB eliminator World  Cup 2022.  Selain itu diundang pula pimpinan lembaga negara serta para menteri terkait dan para duta besar.

Gubernur Sugianto menambahkan selain membuka resmi kegiatan, diharapkan Presiden meresmikan pembangunan proyek strategis Pile Slab Bukit Rawi, panen padi di lokasi food estate, penyerahan sertifikat tanah untuk masyarakat, dan menghadiri temu akbar 5.000 UMKM di Kalimantan Tengah.

“Secara khusus kita mengundang Bapak Presiden untuk berkenan hadir membuka event UCI MTB Eliminator World  Cup 2022. Kami juga akan mreangkaikannya dengan peresmian proyek stra­tegis, panen padi di lokasi food estate, serta menghadiri temu akbar 5.000 UMKM di Kalimantan Tengah. Kita do’akan beliau bisa hadir, dan semua kegiatan berjalan dengan lancar atas dukungan semua pihak,” pungkasnya. (SS/N-2)

BERITA TERKAIT