13 August 2022, 21:55 WIB

Agincourt Resources Tambah Beasiswa Martabe Tahun Ini


Yoseph Pencawan | Nusantara

MEDCOM
 MEDCOM
Ilustrasi beasiswa pendidikan

SALAH satu perusahaan pertambahan terbesar di Indonesia, Agincourt Resources, kembali memberi dana beasiswa kepada para pelajar warga
Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. Untuk 2022 ini, total beasiswa yang dikucurkan sebesar Rp1,87 miliar.

Wakil Presiden Direktur PT Agincourt Resources (PTAR) Ruli Tanio mengungkapkan, nilai beasiswa Martabe Prestasi pada 2022 meningkat 24% dari tahun sebelumnya menjadi Rp1,87 miliar.

"Jumlah penerima manfaat tahun ini pun naik 17% menjadi 288 siswa," ujarnya, Sabtu (13/8).

Dari jumlah penerima tersebut, sebanyak 206 siswa atau 72% di antaranya adalah pelajar yang baru mendaftar pada tahun ini. Mereka terdiri atas 196 penerima beasiswa reguler dan 10 penerima beasiswa khusus.

Kemudian sebanyak 82 di antaranya menerima beasiswa lanjutan. Mencakup 56 orang penerima beasiswa reguler dan 26 penerima beasiswa khusus.

Selama ini, Martabe Prestasi yang dimulai sejak 2017 itu hanya menyasar siswa SD dan SMP berprestasi yang berasal dari dua wilayah yang menjadi lingkar tambang. Yakni Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru.


Baca juga: Bendera Merah Putih 77 Meter Terbentang di Pulau Terluar Papua Barat


Namun, dengan semangat untuk membawa perubahan, lanjut dia, mulai 2022 cakupan penerima manfaat diperluas sampai tingkat SMA dan perguruan tinggi. Selain itu, penerima bukan hanya yang berasal dari dua kecamatan, tetapi juga meliputi seluruh wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan.

Selain memberi beasiswa, pengelola Tambang Emas Martabe itu juga menyediakan program bimbingan belajar (bimbel) gratis bagi para pelajar.

Bimbel gratis ditujukan bagi pelajar SMP kelas IX dan SMA kelas XII jurusan IPA dan IPS, difasilitasi Lembaga Bimbingan Belajar Profesional.

"Beasiswa ini memungkinkan siswa di Tapanuli Selatan mendapatkan peluang dan akses pendidikan terbaik yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan," katanya.

General Manager Operations PTAR Rahmat Lubis mengatakan, Martabe Prestasi merupakan salah satu Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di bidang pendidikan. Program ini untuk meningkatkan kualitas dan akses pendidikan bagi siswa berprestasi yang berkomitmen mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sebelumnya, Senior Manager Community PTAR Christine Pepah mengatakan, ini keenam kalinya Agincourt Resources merealisasikan program Beasiswa Tambang Emas Martabe, sejak 2017. Total dana yang sudah dikeluarkan sebesar Rp5,54 miliar dengan jumlah sasaran sebanyak 1.256 orang penerima. (OL-16)

BERITA TERKAIT