11 August 2022, 16:39 WIB

Bencana Hidrometeorologi Masih Mengancam Jateng Selatan


Lilik Darmawan | Nusantara

Medcom
 Medcom
Ilustrasi 

BMKG kembali memperingatkan masyarakat di wilayah Jawa Tengah  (Jateng) bagian selatan untuk waspada terhadap bencana hidrometeorologi. Pasalnya, dalam beberapa hari mendatang ada potensi hujan deras.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan bahwa dalam beberapa hari mendatang ada potensi hujan deras yang terjadi di Jateng selatan mulai dari Cilacap, Banyumas dan Kebumen. "Hujan deras dapat mengakibatkan bencana alam seperti  banjir ataupun tanah longsor. Tidak hanya itu, waspadai juga angin kencang dan sambaran petir," kata Rendi, Kamis (11/8).

Menurutnya, untuk wilayah Cilacap yang harus waspada sebanyak delapan  kecamatan. yakni Cilacap Selatan, Kampung Laut, Cilacap Tengah, Cilacap Utara, Kesugihan, Jeruklegi, Kawunganten dan Bantarsari. Selain itu, lanjut Rendi, ada sejumlah kecamatan di Banyumas yang perlu waspada seperti Purwokerto Selatan, Sokaraja, Patikraja, Rawalo, Karanglewas, Cilongok dan Purwokerto Barat. “Selain itu, juga Kecamatan Kedungbanteng, Purwokerto Utara, Purwokerto Timur, Ajibarang, Pekuncen, Gumelar, Purwojati, Wangon, Lumbir dan Jatilawang.

Sedangkan di Kebumen, kecamatan-kecamatan yang perlu mewaspadai bencana hidrometeorologi adalah Kuwarasan, Adimulyo, Karanganyar, Gombong dan Karanggayam. Selain itu juga Sempor, Karangsambung, Pejagoan, Alian, Sruweng, Kebumen dan Klirong. "Kami meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi," tambahnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT