08 August 2022, 13:38 WIB

Sempat Menghilang, Titik Panas Kembali Terdeteksi di Babel


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

MI/Rendy Ferdiansyah
 MI/Rendy Ferdiansyah
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel, Mikron Antariksa 

HUJAN yang mengguyur Bangka Belitung (Babel) belum lama ini sempat menghilangkan titik panas atau hotspot, namun saat ini titik panas yang diduga ada kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut kembali terpantau satelit.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Babel, Mikron Antariksa mengatakan, Berdasarkan pantauan satelit ada sembilan titik panas.

Seluruh titik panas tersebut tersebar di tiga Kabupaten. Yakni Bangka Barat, Bangka Selatan, dan Bangka Tengah masing-masing tiga titik.

"Bangka tengah titik panas ada di koba dan Bangka Tengah, Bangka Barat di kelapa dan simpang teritip, sedangkan di Bangka selatan ada di Payung dan simpang rimba," kata Mikron,Senin (8/8).

Untuk tingkat akurasi menurutnya, diangka delapan yang mengarah kemungkinam besar adanya Karhutla," ujarnya.

Pihaknya sudah meminta Tim Reaksi Cepat BPBD di Kabupaten tersebut untuk melakukan pemantauan sekaligus tindakan pemadaman jika memang itu karhutla.  "Memang itu mengarah karhutla tapi kita harus cek kebenaranya,"ungkap dia

Ia menambahkan mengingat kondisi cuaca panas dan angin kencang saat ini pihaknya menghimbau masyarakat untuk tetap waspada. Dan jangan membuka kebun dengan cara membakar lahan atau hutan karena berbahaya.

"Tidak boleh dengan cara membakar, jika itu di lakukan dan kedapatan kita akan tindak tegas hingga ke sanksi hukum pidana,"tegasnya.(OL-13)

Baca Juga: Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus, Ribuan Warga Berburu Nasi Jangrik

BERITA TERKAIT