27 July 2022, 09:09 WIB

Wamendagri Sebut Warga Wamena Dukung DOB Papua Tengah


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Nusantara

Antara
 Antara
Foto udara pengerjaan proyek Jalur Trans Papua di wilayah Wamena.

WAKIL Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengklaim bahwa warga Wamena sangat antusias menerima kehadiran Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua Tengah.

Hal itu diungkapkan Wempi yang berencana mengunjungi kampung halamannya di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pada Rabu (27/7) ini. Adapun dia tengah melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Nabire.

Baca juga: Pemilu DOB Papua, DPR Pilih Perppu Ketimbang Revisi UU Pemilu

“Sesunguhnya informasi yang kami dapatkan (di) Jakarta lain, kemudian di Nabire juga lain. Artinya, masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran DOB," jelas Wempi.

Menurutnya, kehadiran DOB diyakini dapat mengangkat harkat dan martabat Orang Asli Papua (OAP). Terutama, keyakinan bahwa OAP akan mampu bersaing seperti daerah lain di Indonesia.

Baca juga: Pemerintah Didesak Evaluasi Pendekatan Tingkat Kemananan Papua

Dengan pembentukan DOB, lanjut Wempi, kesejahteraan dan pembangunan di Papua akan menjadi lebih baik. Pihaknya berencana akan melakukan kunjungan ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Secara khusus, Wempi berharap agar daerah tersebut semakin siap menyambut DOB Provinsi Papua Pegunungan. "Saya akan pulang kampung dengan agenda yang sama di Jayawijaya. Wamena harus lebih baik dari daerah lain," tandasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT