26 July 2022, 19:21 WIB

Tingkatkan Kinerja, Rupbasan Pangkalpinang Gelar Bimtek Penilaian Basan Baran


Mediaindonesia.com | Nusantara

Dok. Rupbasan Pangkalpinang
 Dok. Rupbasan Pangkalpinang
Bimtek Basan Baran bagi pegawai Rupbasan Pangkalpinang

MENAKSIR nilai atau harga suatu barang tentu ada ilmunya. Apalagi benda tersebut merupakan sitaan negara yang menjadi bahan pembuktian di penyidikan, penuntutan, atau peradilan. Ilmu inilah yang bakal dipelajari 'agen khusus' dari Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas II Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung. 

Rupbasan Pangkalpinang mengadakan bimbingan teknis bagi tujuh pegawai terpilih selama dua hari, 26-27 Juli 2022. Bertempat di Aula Kantor Rupbasan Kelas II Pangkalpinang, petugas tersebut dibekali pengetahuan dan kemampuan dalam melakukan penilaian terhadap Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara (basan baran) dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pangkalpinang. 

Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Tekhnologi Informasi Divisi Pemasyarakatan Bangka Belitung Harman menekankan, pentingnya menjalin kerja sama antar instansi untuk meningkatkan profesionalitas pegawai. 

"Ini adalah bentuk komitment kami menjalin kerjasama dengan KPKNL Pangkalpinang untuk meningkatkan SDM di lingkungan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan," ujar Harman. 

Baca juga : Komunitas Pembatik Cilik Pandak dan Gedangsari Pamerkan Hasil Karya

Kepala Rupbasan Kelas II Pangkalpinang Andri Ferly menjelaskan, kegiatan itu merupakan tindak Lanjut dari perjanjian kerja sama antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia dengan Direktorat Jenderal Keuangan Negara Kementerian Keuangan.

"Kegiatan ini sebagai langkah awal untuk meningkatkan keahlian petugas dalam melakukan penilaian terhadap Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara yang merupakan salah satu tugas Rupbasan, " ungkap Andri Ferly.  

Pada kegiatan itu trut menghadirkan narasumber dari tim penilai KPKNL Pangkalpinang, yakni Lukman Hakim Fasa. Ia menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengingkatkan kompetensi pegawai di lingkungan Rupbasan Pangkalpinang. 

"Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kompetensi penaksiran barang sitaan dan rampasan negara bagi para pegawai Rupbasan Pangkalpinang, ” pungkas Lukman. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT