23 July 2022, 21:50 WIB

Seorang Jemaah Haji Debarkasi Solo Meninggal di Pesawat


Widjajadi | Nusantara

MI/HERI S
 MI/HERI S
Kloter pertama Debarkasi Surabaya tiba di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (17/7) pagi. 

SEORANG jemaah haji asal Magelang, Jawa Tengah, yang tergabung kloter 12 Debarkasi Solo, meninggal dunia di dalam pesawat saat perjalanan pulang ke Tanah Air, Sabtu (23/7).
 
Seorang haji meninggal tersebut setibanya di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, sekitar pukul 17.34 WIB, langsung diturunkan dan dibawa mobil ambulans menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali.
 
Jenazah asal Kabupaten Magelang itu kemudian diserahkan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo H Mustain Ahmad, yang juga menjabat Kepala Kanwil Kemenag Jateng kepada pihak keluarga di Asrama Haji Donohudan Boyolali.
 
Menurut Ketua PPIH Debarkasi Solo Mustain, seorang haji yang meninggal di dalam pesawat tersebut atas nama Heru Purwanto Alwi, 63, warga Kabupaten Magelang.
 
Ia menjelaskan seorang haji tersebut meninggal saat penerbangan pemulangan dari Jeddah Arab Saudi menuju Bandara Adi Soemarmo di Boyolali atau dalam waktu penerbangan selama tujuh jam.
 
"Haji ini, sejak awal memang ada pendampingan karena faktor usia dan komorbid yang ada terhadap almarhum," terang Mustain usai menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga.


Baca juga: 2.744 Jemaah Haji Sumbar sudah Kembali ke Tanah Air, Dua Meninggal Dunia

 
Almarhum memang sejak awal masuk kategori risiko tinggi. Namun, sebelum diterbangkan kembali ke Tanah Air, haji tersebut sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan layak terbang.
 
Namun, dalam perjalanan pulang ke Tanah Air, H Heru dipanggil oleh Allah dan mudah-mudah hajinya mabrur. Kemenag khusus Debarkasi Solo turut berduka cita atas wafatnya H Heru.
 
Sementara itu, Koordinator Humas PPIH Debarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin menambahkan PPIH Debarkasi telah menyambut kedatangan jamaah haji kloter 12 asal Kabupaten Magelang dan Klaten dengan membawa 360 penumpang.

Haji kloter 12 telah mendarat di Bandara Adi Soemarmo, pukul 17.34 WIB. Namun, ada kabar duka karena salah satu jemaah asal Kabupaten Magelang Heru Purwanto, warga Jalan Cempaka 26 Saragan RT 06/08 Banyurojo Kecamatan Mertoyudan, meninggal dunia di dalam pesawat
karena sakit gangguan jantung.

Almarhum Heru dilaporkan meninggal dunia sekitar pukul 12.05 WIB atau dua jam sebelum mendarat di Bandara Kuala Namu Medan Sumatra Utara.

Sementara itu, jumlah haji Debarkasi Solo hingga masa pemulangan kloter 12 sebanyak 4.313 jemaah yang sudah dipulangkan ke daerah masing-masing.

Sedangkan, jemaah Debarkasi Solo meninggal di Tanah Suci ada 14 orang dan satu orang di dalam pesawat saat perjalanan ke Tanah Air, sehingga total menjadi 15 orang. (Ant/OL-16)

BERITA TERKAIT