23 July 2022, 06:40 WIB

Seekor Lutung Sumatra Terluka di GOR H AGus Salim Diselamatkan


Yose Hendra | Nusantara

dok.ant
 dok.ant
Ilustrasi: seekor lutung sumatra yang dipelihara warga di Mentawai, Sumbar.

PETUGAS Wildlife Rescue Unit (WRU) BKSDA Sumbar menyelamatkan seekor satwa jenis Lutung Sumatera (Trachypithecus cristatus) yang saat ditemui satwa ini dalam keadaan terluka.

Informasi adanya satwa ini sebelumya diperoleh dari salah seorang warga Padang, Avis, 48 yang menghubungi tim WRU BKSDA Sumbar.

Ia melaporkan bahwa adanya satwa primata dilindungi yang terjatuh dari pohon disekitar areal GOR H.Agus Salim Padang.

Tidak lama setelah mendapatkan informasi, tim WRU BKSDA Sumbar mendatangi lokasi tersebut dan menemukan satwa yang sering disebut juga lutung perak ini dalam keadaan lemas karena luka yang disebabkan oleh sengatan listrik yang menyebabkan luka bakar pada lengan kanan.

Selanjutnya tim mengevakuasi lutung ke Klinik Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Propinsi Sumatra Barat untuk dilakukan tindakan medis berupa amputasi dan saat ini masih dirawat di klinik hewan.

Asal usul lutung ini masih belum diketahui apakah peliharaan warga yang lepas atau terpisah dari kelompoknya.

Lutung ini merupakan satwa jenis primata yang dilindungi berdasarkan Permen LHK No. 106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang dilindungi.

Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi keberadaan satwa dilindungi kepada BKSDA Sumbar.

"Kita mengajak agar tidak memelihara satwa liar yang berakibat pada kematian satwa apabila terlepas dan bisa jadi juga membahayakan masyarakat," ungkapnya, kemarin.

Dikatakannya, jika ada warga yang memelihara satwa jenis dilindungi agar bisa menyerahkan kepada BKSDA setempat dan bisa menghubungi call center di nomor 081266131222. (OL-13)

Baca juga: Hindari Bencana Alam, BMKG Ajak Publik Jaga Kelestarian Alam

BERITA TERKAIT