18 July 2022, 18:30 WIB

Pencuri Bermodus Jual Beli Sepeda Motor di Medsos Ditangkap


Voucke Lontaan | Nusantara

DOK.MI
 DOK.MI
Ilustrasi penangkapan

TERDUGA pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) berisial OT alias Ongki, 22, warga Desa Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, berhasil ditangkap Tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Mitra.

Modus operandinya terduga pelaku berpura-pura melakukan jual beli sepeda motor melalui media sosial Facebook.

Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Utara Komisaris Besar Jules Abraham Abast, Senin (18/7), di Manado, mengatakan, terduga pelaku berinisial OT, warga Morea, Ratatotok, ditangkap di rumahnya. Sedangkan korban bernama Randi Tombokan, 18, warga Karimbow, Minahasa Selatan.

Kejadian berawal saat korban membaca unggahan pelaku di medsos Facebook yang akan membeli sepeda motor. Menurut Jules, korban lalu menawarkan sepeda motornya kepada pelaku dan keduanya sepakat bertemu di wilayah Ratatotok.

Korban mengajak seorang temannya mengendarai sepeda motor masing-masing bertemu dengan pelaku.

"Saat bertemu di ruas Jalan Raya Ratatotok-Soyoan, Ratatotok Utara, pelaku lalu berpura-pura melakukan tes mesin sepeda motor milik korban dengan mengendarainya di sekitar tempat kejadian perkara. Namun setelah ditunggu hingga beberapa saat, terduga pelaku tak kunjung kembali," jelasnya.


Baca juga: Polres Kudus Gerebek Produsen Obat Kuat Ilegal


Jules mengatakan, korban dan temannya kemudian kembali ke rumah. Bersama orangtuanya, korban pun melaporkan kasus pencurian yang menimpanya ke SPKT Polres Mitra. Dalam penyelidikan, Tim Opsnal Satreskrim Polres Mitra, Kamis (14/7) pagi, mendapati posting-an penawaran sepeda motor Suzuki Satria FU di sebuah grup jual beli FB yang ciri-cirinya mirip dengan sepeda motor korban.

"Tim lalu menemui seorang pria berinisial B, warga Basaan, Mitra, yang diduga menawarkan sepeda motor tersebut di media sosial," ujar Jules.

Saat bertemu dengan tim, lanjutnya, B mengaku sepeda motor tersebut telah dijual kepada orang lain. B pun menerangkan, sepeda motor tersebut sebelumnya ia beli dari seseorang yang tak dikenalnya di FB yang menawarkan dengan menggunakan akun Ongki Ongki.

"Tim bersama B lalu mencari sepeda motor yang diduga hasil curian tersebut, dan berhasil didapati di wilayah Basaan, " kata Jules.

Tak berhenti di situ, tim pun bergegas mencari keberadaan pelaku, ditangkap di rumahnya.Saat diinterogasi, terduga pelaku mengakui perbuatannya, telah mencuri sepeda motor milik korban.

"Pelaku beserta barang bukti sepeda motor lalu diamankan di Mapolres Mitra untuk diproses lebih lanjut," tandas Kombes Jules. (OL-16)

 

 

BERITA TERKAIT