15 July 2022, 22:25 WIB

Pohon Pinus Tumbang Timpa Mobil di Tasikmalaya, Pengemudi Meninggal


Kristiadi | Nusantara

MI/KRISTIADI
 MI/KRISTIADI
Petugas kepolisian dibantu TNI dan warga mengevakuasi pengemudi mobil yang tertimpa pohon tumbang di Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (15/7).

SEBUAH pohon pinus dari atas tebing setinggi 10 meter tumbang dan  menimpa pengendara mobil Toyota Innova nomor polisi Z 1329 PG dikemudikan Saeful Rizal, 26, warga Kampung Palumbungan, Desa Dirgahayu, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (15/7) sekitar pukul 08.10 WIB.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Karaha Bodas Area 7 mengakibatkan pengemudi terjepit badan mobil dan meninggal dunia.

Kapolsek Kadipaten Polres Tasikmalaya Kota, Ajun Komisaris Endang Wijaya, membenarkan pihaknya mendapat laporan dari warga sekitar adanya sebuah kendaraan Innova tertimpa pohon dari atas tebing setinggi 10 meter di Jalan Karaha Bodas Area 7.

Setelah mendapat laporan, pihaknya langsung menuju lokasi kejadian dan mendapatkan seorang pengemudi masih terjepit kabin mobil. Dibantu aparat TNI dan warga sekitar, korban pun berhasil dikeluarkan dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

"Kami dibantu TNI dan masyarakat berusaha untuk mengeluarkan seorang pengemudi yang masih terjepit di dalam kendaraan, dan setelah berhasil dikeluarkan langsung dilarikan ke rumah sakit tetapi nyawanya tidak tertolong. Atas kejadian tersebut, anggota meminta keterangan para saksi mata terutama awal sebelum kejadian," kata Endang, Jumat.


Baca juga: Bangunan di RSUD Pagelaran Cianjur Terbakar


Ia mengatakan, dari hasil keterangan sejumlah saksi mata kendaraan Innova warna silver nomor polisi Z 1329 PG milik perusahaan PGE Karaha yang dikemudikan oleh Saeful Rizal itu dari arah kilang gas akan menuju Kantor PGE.

Namun, saat melintas di lokasi pohon jenis pinus tumbang dari atas tebing sekitar 10 meter dan menimpa mobil. Batang pohon tumbang tepat berada di bagian atas kepala pengemudi hingga korban tidak sadarkan diri.

"Pohon yang menimpa mobil itu tetap melaju dan baru berhenti 80 meter setelah menabrak patok tembok berada di sebelah kanan jalan. Akan tetapi, pohon tumbang terlepas di bagian atas mobil tapi korban masih ditemukannya di dalam mobil dengan terjepit dan masyarakat berhasil mengeluarkan tapi tidak sadarkan diri dilarikan ke Puskesmas Kadipaten dan dirujuk ke RS Jasa Kartini," ujarnya.

Menurut Endang, pohon yang tumbang menimpa mobil memiliki diameter lebih 30 sentimeter dan panjang 10 mtersebut milik Perhutani. Di bagian bawah batang pohon itu terdapat bekas goresan penyadapan getah. Goresan itu lama kelamaan menjadi terkikis dan pohon menjadi lemah.

"Untuk pengemudi meninggal dunia setelah mengalami patah tulang leher, dan sekarang ini kendaraan sudah ditarik ke Polsek Kadipaten," tuturnya. (OL-16)

 

BERITA TERKAIT