12 July 2022, 14:00 WIB

Komitmen Cegah Covid, Puskesmas di Lembata Usir Pengunjung Tak Bermasker


Alexander P. Taum | Nusantara

MI/Alexander P Taum
 MI/Alexander P Taum
Puskesmas Wairiang, Kabupaten Lembata, NTT.

PUSAT Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang terdapat di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, mewajibkan setiap pengunjung mengenakan masker saat memasuki areal Puskesmas. Petugas tidak segan segan mengusir pengunjung yang tidak bermasker.

Penegasan tersebut disampaikan, Dionisius Dudeng, mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, Gabriel Bala Warat, dalam lokakarya mini lintas sektor, yang diselenggarakan UPTD Puskesmas Lewoleba, di aula kantor Camat Nubatukan, Selasa (12/7/2022).

"Saat ini Covid varian baru sedang meningkat di 5 Provinsi di Indonesia. Karena itu kita mengantisipasi dengan mewajibkan setiap pengunjung yang datang di Puskesmas harus mengenakan masker," ungkap Dionisius Dudeng.

Ia menandaskan, saat ini kesadaran penggunaan masker sudah mulai berkurang karena memang pemerintah telah melonggarkan kebijakan penggunaan masker.

Namun, menurut Dudeng, ada semacam kepanikan di kalangan masyarakat tentang penyebaran covid-19 varian baru.

"Sepasang pengantin diisukan terkonfirmasi covid-19. Karena itu tim bergerak cepat untuk menyelidiki dugaan tersebut. Tetapi Puji Tuhan, setelah di lakukan rapid test, ternyata yang bersangkutan dinyatakan negatif covid-19," ujar Dionisius.

Menurut Dionisius, cuaca dingin yang melanda wilayah Nusa Tenggara Timur belakangan ini menyebabkan banyak warga terserang demam, batuk dan pilek. Namun dipastikan, hingga saat ini Lembata masih dinyatakan zero covid-19. (OL-13)

Baca Juga: DPR Desak Polri Transparan soal Insiden Adu Tembak

BERITA TERKAIT