10 July 2022, 14:41 WIB

Umat Lintas Iman Purwokerto Ikut Jaga Salat Idul Adha


Lilik Darmawan | Nusantara

ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
 ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Ilustrasi salat idul adha

MASYARAKAT nonmuslim Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng), yang beragama Kristen, Katolik, Budha, Konghucu dan kepercayaan ikut menjaga dan mengatur parkir saat salat Idul Adha.

Para suster dari agama Katolik ikut mengantarkan jemaah khususnya ibu-ibu ke tempat yang telah disediakan. Di sisi lain, para pria sibuk mengatur parkir di Jl Bung Karno tepatnya di kawasan Menara Pandang Teratai.

Koordinator Paguyuban Lintas Iman Purwokerto Agustinus Gudyana mengatakan kegiatan dalam rangka membantu penjagaan pada saat salat Idul Adha merupakan bagian dari toleransi warga di Kota Purwokerto.

"Terus terang, setiap kami memiliki kegiatan hari besar kegamaan, teman-teman muslim juga ikut menjaga. Maka dari itu, pada saat salat Id seperti sekarang, kami juga turun untuk ikut serta menjaga," kata Agustinus, Minggu (10/7).

Baca juga: 18 Etnis di Kota Tasikmalaya Paling Toleran Menjaga Kerukunan

Menurutnya, sebelum pelaksanaan salat Idul Adha, para pegiat lintas iman bersama aparat keamanan melakukan koordinasi.

"Jadi setiap kegiatan yang kami laksanakan tetap memberitahu dan berkoordinasi dengan pihak keamanan," imbuhnya.

Dijelaskan oleh Agustinus, kegiatan yang bermakna toleransi itu dipupuk sudah sejak beberapa tahun terakhir. Pada saat Idul Fitri lalu, komunitas lintas iman juga ikut membantu pengamanan dan parkir di 15 titik.

"Kegiatan ini bertujuan untuk saling gotong royong dan bekerja sama. Kegiatan ini merupakan bagian dari toleransi antarumat beragama," tukasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT