07 July 2022, 19:05 WIB

Anak Petani Raih Penghargaan Siswa Teladan Diktukba Polri 2022 Polda Sulawesi Utara


Voucke Lontaan | Nusantara

MI/VOUCKE LONTAAN
 MI/VOUCKE LONTAAN
 Glenfil Daniel Kuntag, Siswa Teladan SPN Polda Sulawesi Utara


ANAK petani menoreh prestasi gemilang lulus sebagai siswa teladan. Nilai yang diperoleh 81,10 dalam pendidikan pembentukan Bintara (Diktukba) Polri gelombang I tahun 2022 di Polda Sulawesi Utara.

Ia adalah Glenfil Daniel Kuntag, warga Sangtombolang, Kecamatan Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Glen panggilan akrabnya salah satu dari 309 siswa Sekolah Polisi Nasional (SPN), yang dilantik Kapolda Sulut Irjen Mulyatno, Kamis (7/7), di SPN Polda Sulut.

Atas prestasinya tersebut dalam upacara pelantikan dan penutupan Diktuba, Glen yang resmi menyandang pangkat brigadir polisi, mendapat piagam penghargaan dari Kapolda Sulut Irjen Mulyatno.

Selain itu, kapolda juga memberikan penghargaan kepada tiga Siswa berprestasi lainnya, dengan predikat Siswa Cendekia, Siswa Trengginas, dan Siswa Tertabah.

Ditemui seusai upacara, Glen tampak tak dapat menyembunyikan rasa syukur, bangga sekaligus haru atas prestasi yang berhasil diraihnya tersebut.

"Saya sangat bersyukur kepada Tuhan. Meski ayah saya petani dan ibu saya ibu rumah tangga, saya bisa jadi polisi dan meraih prestasi sebagai siswa teladan," kata Glen, anak pasangan Felix Mangendehe dan Aketi Kuntag itu.

Menjadi polisi, Glen mengaku,  merupakan cita-citanya sejak kecil. Untuk itu, ia telah mempersiapkan diri sejak awal agar cita-citanya itu tercapai.

"Meski berasal dari keluarga sederhana namun saya tetap semangat mewujudkan cita-cita, dan sekali mendaftar langsung lolos," tutur lulusan SMA 1 Bintauna tahun 2020 jurusan IPA ini.

Dikisahkan Glen, banyak tantangan yang dihadapinya saat mendaftar calon Anggota Polri. "Rumah saya jauh dari Polres Bolmong Utara. Kadang tidak punya uang transport ke Polres untuk ikut seleksi awal, sehingga sering dibantu teman-teman dengan memberikan tumpangan kendaraan," kenangnya.

Kini, Glen pun bertekad akan menjadi polisi yang baik dan bertanggungjawab. "Saya akan bertugas dengan sebaik-baiknya agar bisa membanggakan keluarga dan berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara," tegasnya.

Glen  mengajak generasi muda lainnya yang berminat mendaftar calon Anggota Polri agar tetap semangat. "Untuk teman-teman yang akan mendaftar polisi agar tetap semangat. Jangan dengarkan perkataan mereka yang bilang kalau mau masuk polisi itu harus bayar ini itu," pungkas Bintara remaja kelahiran Manado, 23 Desember 2002 ini.

Dalam upacara tersebut, Irjen Pol Mulyatno melantik 309 Siswa resmi menjadi Anggota Polri berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda), setelah selesai menjalani pendidikan selama kurang lebih lima bulan di SPN Polda Sulut. (N-2)

BERITA TERKAIT