06 July 2022, 17:47 WIB

Bursa Tenaga Kerja Di Cianjur Diserbu Pengunjung


Benny Bastiandy | Nusantara

MI/Benny Bastiandy
 MI/Benny Bastiandy
Dua pencari kerja mempersiapkan dokumen persyaratan pada bursa kerja di Lapang Prawatasari, Cianjur, Jawa Barat, Rabu (6/7).

PENDAFTAR bursa tenaga kerja di Lapang Prawatasari, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, membeludak, Rabu (6/7). Padahal, lowongan kerja yang dibutuhkan sebanyak 3 ribu orang.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Cianjur, Endan Hamdani, mengatakan terdapat 41 perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan pada kegiatan bursa kerja. Sebanyak 35 perusahaan di antaranya menyediakan lowongan untuk penempatan di dalam negeri dan sisanya 6 perusahaan menyediakan lowongan pekerjaan ke luar negeri.

"Jadi loker (lowongan pekerjaan) yang hari ini dibuka hingga besok (Kamis) sebanyak 3 ribu orang," kata Endan, Rabu (6/7).

Endan mengaku belum merekap jumlah pencari kerja yang ikut mendaftar pada kegiatan bursa kerja. Namun, estimasi kasar diperkirakan jumlahnya mencapai ribuan orang. "Kami belum merekap, tapi melihat kondisi di lapangan, ada ribuan yang mendaftar," tuturnya.

Secara teknis, kata Endan, agar pendaftaran berlangsung tertib, para pencari kerja lelaki dan perempuan dipisahkan. Mereka yang sudah membawa lamaran kemudian didata petugas Disnakertrans. "Setelah didata dan diberi stempel, mereka (pencari kerja) bisa berkeliling ke setiap stan perusahaan," ungkapnya.

Pencari kerja yang memenuhi kualifikasi, sebut Endan, selanjutnya akan diseleksi masing-masing perusahaan. Proses seleksi ada di ranah manajemen masing-masing perusahaan. "Itu (seleksi) di luar kewenangan kami (Disnakertrans) sesuai Permenaker Nomor 39/2016," tegas Endan.

Namun, sebut Endan, sesuai kewenangan, Disnakertrans akan melakukan pengawasan pada proses rekrutmennya. Pasalnya, Pemkab Cianjur dalam hal ini Disnakertrans, merupakan fasilitator bertemunya pihak perusahaan dengan para pencari kerja. "Apakah nanti ada testing atau memang langsung diterima, itu kebijakan masing-masing perusahaan," pungkas Endan.

Mochammad Nursidin, 23, salah seorang pencari kerja, mengaku ikut mendaftar pada kegiatan bursa kerja. Ia sudah mempersiapkan dengan lengkap berbagai berkas dokumen pendaftaran. "Mudah-mudahan bisa diterima kerja sesuai keinginan saya," kata Nursidin. (OL-15)

BERITA TERKAIT