04 July 2022, 22:45 WIB

Pemkab Manggarai Timur Tanggung Biaya Pengobatan Bayi yang Ditahan RSUD Ben Mboi


Yohanes Manasye | Nusantara

Metro TV/Yohanes Manasye.
 Metro TV/Yohanes Manasye.
Karolina Fatima Keluru menggendong Cika bersama suami Sabinus. 

KELUHAN keluarga Karolina Fatima Keluru, 16, dan Sabinus Jampung, 18, akhirnya sampai ke Pemkab Manggarai Timur NTT. Sekda Manggarai Timur Boni Hasudungan mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan RSUD Ben Mboi Ruteng dan Pemkab Manggarai.

Boni memastikan puteri dari Karolina dan Sabinus, segera keluar dari rumah sakit dan biaya perawatannya ditanggung pemerintah.  "Keputusannya Pemda Kabupaten Manggarai Timur akan membayar biaya pengobatan atas keluarga tersebut. Agar supaya keluarga tersebut bisa pulang besok, besok dibuatkan surat jaminan bahwa Pemda Manggarai Timur yang akan membayarnya," jelas Boni, Senin (4/7) malam.

Biaya perawatan pasien tersebut diambil dari dana Bantuan Sosial. Pemkab Manggarai Timur juga akan mendaftarkan mereka dan keluarga miskin lainnya dalam program BPJS Kesehatan secara bertahap.

"Selanjutnya ke depan, untuk warga Kabupaten Manggarai Timur yang belum terdaftar di BPJS Kesehatan, khususnya pada warga miskin, kita akan berusaha untuk mendaftarkan secara bertahap. Termasuk juga atas keluarga ini," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan keluarga pasangan Karolina dan Sabinus mengeluh karena tak mampu membiayai perawatan Cika, puteri mereka, di RSUD Ben Mboi Ruteng. Biaya yang diperlukan sebesar Rp14 juta. Lantaran tak mampu membayar, bayi yang baru berusia tiga bulan itu tak diizinkan pulang.

Direktur RSUD Ben Mboi Ruteng, dr. Oktavianus Yanuarius Ampur mengatakan sudah merawat pasien hingga pulih. Pasien tersebut menjalani perawatan intensif di ICU selama hampir dua pekan karena menderita gangguan pernapasan akut.

Selama perawatan di ICU, pasien dibantu dengan ventilator. Itulah yang menyebabkan tagihan terbilang mahal apalagi pasien terdaftar sebagai pasien umum. Namun pihaknya memaklumi kondisi ekonomi keluarga pasien sehingga berharap Pemkab Manggarai Timur menjadi penanggungjawab biaya perawatan pasien tersebut. (OL-15)

BERITA TERKAIT