03 July 2022, 22:09 WIB

Gelombang Setinggi 6 Meter Ancam Perairan Selatan Jawa


Lilik Darmawan | Nusantara

Antara
 Antara
Potret ombak yang menghantam tepi pantai.

GELOMBANG setinggi 6 meter mengancam perairan selatan Jawa mulai Jawa Barat, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Tingginya gelombang akibat adanya pola angin.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Deas Achmad Rivai mengatakan ketinggian gelombang di perairan selatan Jawa dapat mencapai 4-6 meter. 

Baca juga: BMKG Mendeteksi 16 Titik Panas di Balikpapan

"Gelombang masuk kategori sangat tinggi berkisar antara 4-6 meter di perairan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY," ujarnya, Minggu (3/7).

Menurut Deas, wilayah perairan selatan Jawa Barat berada di perairan Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran. Sedangkan di Jawa Tengah, perairan dengan gelombang tinggi berada di perairan selatan Cilacap, Kebumen dan Puworejo. 

"Adapun di DIY, perairan berada di Bantul hingga Gunung Kidul," imbuh Deas.

Tingginya gelombang dipicu pola angin di wilayah Indonesia bagian utara, yang dominan bergerak dari Tenggara-Selatan, dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. 

Baca juga: Angin Kencang Dan Gelombang Tinggi Landa NTT

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan, dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang berwisata di pantai untuk mewaspadai gelombang tinggi. Serta, mengingatkan pengguna jasa kelautan tetap waspada.(OL-11)

BERITA TERKAIT