01 July 2022, 17:50 WIB

Pemkot Cirebon Genjot Sektor Pariwisata


Nurul Hidayah | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Komplek Keraton Kasepuhan Cirebon, Jawa Barat.  

KOTA Cirebon, Jawa Barat miliki puluhan lokasi wisata dan warisan budaya tak benda. Semua menjadi potensi untuk mengelola pariwisata di Kota Cirebon.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Budpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya menjelaskan saat ini Kota Cirebon memiliki 24 objek wisata. Lokasi wisata tersebut ditunjang oleh 166 rumah makan dan cafe, 19 hotel berbintang  dan lainnya. "Semuanya menjadi tumpuan utama sektor  pariwisata di Kota Cirebon," tutur Agus, Jumat (1/7).

Selain objek wisata, Agus juga menjelaskan berdasarkan SK Walikota Cirebon No 19 tahun 2001, Kota Cirebon juga memiliki 238 wawrisan budaya tak benda, 58 cagar budaya ditambah lagi 14 objek diduga cagar budaya. Semua warisan budaya tak benda maupun cagar budaya tersebut merupakan potensi untuk mengelola sektor pariwisata di Kota Cirebon.

Untuk itu, lanjut Agus, pihaknya saat ini tengah merancang skema agar pengelolaan bidang  kebudayaan dan pariwisata di Kota Cirebon bisa lebih maksimal. "Sesuai visi kita yaitu mewujudkan Cirebon sebagai kota  kreatif berbasis budaya dan sejarah," tutur Agus.

Dijelaskan Agus, sektor pariwisata akan mereka kelola dengan serius dengan memaksimalkan potensi yang saat ini ada. Sektor pariwisata di Kota Cirebon juga terbukti mampu menyumbang pendapatan asli daerah. Pada 2021, sektor pariwisata di Kota Cirebon mampu menyumbang 12,32  persen atau total Rp 5,6 miliar untuk pendapatan asli daerah Kota
Cirebon. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT