30 June 2022, 21:09 WIB

Libur Sekolah, Pantai Pangandaran Ramai Dikunjungi Wisatawan


Adi Kristiadi | Nusantara

Antara
 Antara
Sejumlah wisatawan bermain di pesisir Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

MEMASUKI periode libur sekolah, kunjungan wisatawan ke objek wisata Pantai Pangandaran mengalami peningkatan sejak beberapa pekan lalu. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari mengungkapkan bahwa terjadi lonjakan kunjungan wisatawan pada masa libur sekolah. Namun, peningkatan tersebut tidak setinggi periode libur Lebaran.

"Kedatangan wisatawan pada musim liburan kali ini tidak akan tertumpuk pada satu waktu, karena libur sekolah tahun ini panjang sekitar tiga pekan," jelas Toton, Kamis (30/6).

Baca juga: Libur Sekolah, Pengunjung Candi Borobudur Membludak

Adapun wisatawan yang datang ke Pangandaran pada musim liburan sekolah, lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi dan didominasi keluarga. Meningkatnya kunjungan juga harus disertai koordinasi dengan Badan Penyelamat Wisata Tirta pada khususnya, agar petugas lebih siaga.

"Wisatawan harus selalu menerapkan protokol kesehatan. Satgas Penanganan Covid-19 juga masih melakukan pemantauan. Hotel tetap menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk skrining wisatawan yang menginap," imbuhnya.

Baca juga: Atraksi Barongsai Menghibur Wisatawan

Para wisatawan yang datang ke Pangandaran diharapkan selalu mematuhi rambu yang sudah terpasang di sekitar pantai. Serta, tidak memaksakan diri untuk berenang di zona berbahaya demi keselamatan. 

"Kami menyarankan kepada orang tua yang berlibur, agar selalu mengawasi anak-anaknya. Jangan sampai asik sendiri dan lupa dengan anaknya. Anak hilang di Pantai Pangandaran sering terjadi," tutur Ketua Balawista Kabupaten Pangandaran Wicaksono.(OL-11)

BERITA TERKAIT