30 June 2022, 20:20 WIB

Tasikmalaya Lepas Keberangkatan 60 Jemaah Calon Haji


Kristiadi | Nusantara

MI/KRISTIASI
 MI/KRISTIASI
Sebanyak 60 jemaah calon haji asal Kota Tasikmalaya dilepas di Kantor Kemenag Tasikmalaya, Kamis (30/6).

KANTOR Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tasikmalaya, melepas  eberangkatan 60 jemaah calon haji (calhaj) di Gedung Dakwah Islamiyah, Kota Tasikmalaya, Kamis (30/6). Keberangkatan para calhaj itu merupakan yang pertama setelah dua tahun tertunda karena pandemi covid-19.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya, Mohammad Ali Abdul Latief, mengatakan, tahun ini Tasikmalaya mendapat kuota sebanyak 309 orang yang harus dibagi menjadi dua kelompok terbang (kloter) yaitu kloter 42 dan kloter 43. Namun, pelepasan pertama hai ini sebanyak 60 calhaj dan sisanya besok sebanyak 249 calhaj bersama dua pendamping.

"Kota Tasikmalaya pada 2022 memiliki kuota 309 orang dan  pemberangkatan calhaj  terbagi menjadi dua kloter yakni kloter 42 ada 60 calhaj dan kloter 43 tercatat 249 orang. Akan tetapi, untuk pemberangkatan semula disatukan, tapi adanya kebijakan baru dan akhirnya harus mengatur ulang persiapan," katanya.

Ali mengatakan, para calhaj berasal dari Kota Tasikmalaya semula akan diberangkatkan dalam satu kloter tetapi adanya aturan terbaru dan berdasarkan informasi terakhir itu supaya dibagi dua kloter hingga Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya harus kembali mengatur ulang persiapan para calhaj yang akan berangkat. Pembagian kloter bagi para calon jemaah haji tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab PPIH Embarkasi.


Baca juga: BPCB Ekskavasi Arca Dwarapala, Masterpiece Kerajaan Tumapel


"Pemberangkatan bagi calhaj semuanya ada yang mengatur dari PPIH Embarkasi dan dari mereka menghitung slot kloter. Akan tetapi, selama ini tidak adanya kendala berarti dalam pemberangkatan calhaj pada tahun ini, baik proses pembuatan paspor, visa, kesehatan, dan segala macam persiapan lain termasuk seluruh calhaj semua dinyatakan sehat dan telah menjalani swab PCR," ujarnya.

Menurutnya, para calhaj Kota Tasikmalaya ini rencananya menginap  terlebih dahulu di Asrama Haji Embarkasi Bekasi dan mereka dijadwalkan terbang ke Tanah Suci pada Sabtu (2/7) dini hari hingga mereka akan tergabung dengan calhaj berasal dari Bandung, Bekasi, dan lainnya.

Namun, untuk di kloter yang akhir banyak dari daerah lain dan dengan melepas Calhaj di Kota Tasikmalaya agar semuanya bisa menjaga kesehatan.

"Kami meminta para calhaj berasal dari Kota Tasikmalaya setelah berada di Tanah Suci agar tetap menerapkan protokol kesehatan karena di sana akan berkumpul dengan para jemaah haji seluruh dunia. Saya juga berpesan agar menjaga kekompakan dan tetap harus selalu bersama serta saling membantu," paparnya. (S-2)

 

BERITA TERKAIT