30 June 2022, 13:51 WIB

Libur Sekolah, Pengunjung Candi Borobudur Membludak


Insi Nantika Jelita | Nusantara

Antara
 Antara
Potret pengunjung berwisata di area Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (PT TWC) mengungkapkan terjadi lonjakan jumlah pengunjung Candi Borobudur pada masa libur sekolah.

Dari sekitar 5.000-7.000 orang per hari, kemudian meningkat 7.000-9.000 orang per hari pada akhir pekan. Adapun pengunjung Candi Borobudur didominasi dari kalangan pelajar.

"Pada masa libur sekolah, banyak rombongan pelajar berkunjung ke Borobudur," ujar Marketing & Sales Vice President PT TWC Pujo Suwarno dalam keterangan resmi, Kamis (30/6).

Baca juga: Pemerintah Resmi Batalkan Kenaikan Tiket Borobudur

Menurutnya, kunjungan anak sekolah dari pagi hingga sore cukup ramai. Bahkan, di tengah cuaca hujan, pengunjung masih semangat berwisata di Candi Borobudur.

Pujo menuturkan rombongan pelajar bukan hanya dari wilayah Jawa Tengah, namun juga dari Jawa Barat dan Jawa Timur. Bahkan, beberapa di antaranya rombongan berasal dari luar Jawa.

Baca juga: Libur Sekolah, Ini Rekomendasi Tempat Wisata dari Menparekraf

TWC menegaskan pada masa pelonggaran aktivitas, pengunjung masih diwajibkan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Selain itu, pengunjung harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk akses masuk.

Pada masa pandemi covid-19, area kunjungan wisatawan masih dibatasi hanya sampai halaman candi. Untuk harga tiket masuk Taman Wisata Candi Borobudur, bagi wisatawan nusantara dewasa/umum sebesar Rp50 ribu.

Lalu, tiket wisatawan Nusantara anak/pelajar sebesar Rp25 ribu, tiket wisatawan mancanegara dewasa/umum seebsar US$25 dolar dan tiket wisatawan mancanegara anak/pelajar US$15 dolar.(OL-11)

BERITA TERKAIT