28 June 2022, 22:05 WIB

1.400 Sapi Di Kuningan Telah Divaksin PMK


Nurul Hidayah | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Vaksinasi PMK untuk sapi.

RIBUAN sapi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyakit mulut dan kaki (PMK). Juru bicara satgas PMK Kabupaten Kuningan, drh. Rofiq, menjelaskan hingga Senin (27/6) sudah 1.400 sapi di wilayah Kabupaten Kuningan yang sudah divaksin.

"Rata-rata kita melakukan vaksinasi ke 500 sapi per hari. Tergantung kondisi," tutur Rofiq, Selasa (28/6).

Tahap awal, lanjut Rofiq, Kabupaten Kuningan memprioritaskan sapi perah yang sehat untuk divaksin. Populasi sapi perah di Kabupaten Kuningan tercatat sebanyak 8 ribu ekor. Namun untuk yang divaksin hanya sekitar 4 ribuan ekor.

"Karena yang sudah sempat terpapar PMK dan sembuh tidak wajib divaksin. Mereka sudah memiliki antibodi," tutur Rofiq.

Setelah itu, lanjut Rofiq, pihaknya mulai melakukan vaksinasi untuk sapi  potong. Tahap awal vaksinasi potong dilakukan di Desa Bantar Panjang dan Desa Dukuh Badag, Kecamatan Cibingbin. "Karena di kedua desa tersebut ada sentra pembibitan sapi asli Jabar yaitu sapi  pasundan," tutur Rofiq.

Kabupaten Kuningan mendapatkan 7.200 dosis vaksin untuk pencegahan PMK. Sebanyak 5.200 dosis dialokasikan untuk sapi perah dan sisanya ribu dosis dialokasikan untuk sapi potong. "Itu vaksin yang kami terima tahap pertama," tutur Rofiq. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT