28 June 2022, 17:01 WIB

Angka Vaksinasi PMK di Sidoarjo Masih Rendah


Heri Susetyo | Nusantara

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

JUMLAH ternak sapi yang sudah divaksinasi penyakit kuku dan mulut (PMK) di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur masih rendah. Hingga saat ini, ternak sapi yang telah divaksin belum mencapai 500 ekor.

Upaya vaksinasi sapi PMK di Kabupaten Sidoarjo sudah mulai dilakukan sejak 14 Juni lalu. Kabupaten Sidoarjo mendapatkan kuota vaksinasi untuk 2 ribu ekor sapi sejak vaksinasi perdana dilakukan.

Namun meskipun sudah dua pekan dilakukan, jumlah sapi yang sudah divaksinasi di kabupaten ini belum mencapai 500 ekor. Petugas kesehatan hewan di Kabupaten Sidoarjo juga terus melakukan vaksinasi untuk sapi tersebut.

"Kecamatan Taman datanya sudah 360 ekor, ada juga di Wonoayu, lainnya belum, masih didata. Belum 500 ekor," kata Kepala Bidang Produksi Peternakan Dinas Pangan dan Pertanian Sidoarjo dr Tony Hartono, Selasa (28/6).

Terkait virus PMK ini, vaksinasi akan dilakukan dua kali dengan jarak sebulan. Sapi yang sudah divaksin juga akan mendapatkan tanda. Dalam tanda tersebut ada keterangan sudah divaksin, dosis, lokasi vaksin hingga jenis kelamin. (OL-15)

BERITA TERKAIT