28 June 2022, 13:41 WIB

Kapal Tiana Tenggelam di Labuan Bajo Bawa Delapan Wisatawan


John Lewar | Nusantara

MI/John Lewar.
 MI/John Lewar.
Kapal wisata Ladiana karam di Pulau Kambing kawasan TN Komodo dekat Pukau Rinca.

KAPAL angkutan wisata di Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Tiana membawa delapan wisatawan yang terdiri dari 6 domestik dan 2 asing. Kapal tersebut tenggelam di seputaran Pulau Rinca dekat Pulau Kambing sehingga dua korban meninggal yang telah dievakuasi tim SAR gabungan TNI-Polri.

Informasi yang dihimpun Mediaindonesia.com, Selasa (27/6), menyebutkan tenggelamnya Kapal Tiana diperkirakan pada pukul 03.00 Wita. Musibah ini dipicu akibat air pasang surut dan kapal terkena batu karang. 

Kapal pun kemasukan air lalu tenggelam. Kapten kapal, Ruslin, mengaku posisi kapal dalam kondisi berlabuh. Saat ia bangun pagi, kapal seluruhnya kemasukan air sehingga penumpang berhamburan.

Tim SAR gabungan awalnya berhasil mengevakuasi empat penumpang di antaranya satu korban yang meninggal dunia. Pukul 10.15, tim SAR kembali berhasil menemukan dan mengevakuasi jenazah korban kapal karam.

Baca juga: Kapal Wisata Karam, Petugas Labuan Bajo Temukan Dua Jenazah

Korban pertama Annisa Fitriani ditemukan awak kapal pada pukul 07.12. Kedua bernama Jamiatun Widaningsih ditemukan oleh tim SAR gabungan di dasar laut sudah tak bernyawa berada di ruangan toilet kapal pada pukul 10.15 Wita kemudian dievakuasi ke speed boat milik tim SAR Pos Labuan Bajo. (OL-14)

BERITA TERKAIT