27 June 2022, 22:35 WIB

Gubernur Papua Jalani Perawatan, Layanan Publik dan Pemerintahan Papua Tetap Berjalan Normal


Thomas Harming Suwarta | Nusantara

Dok. Pribadi
 Dok. Pribadi
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Papua, Elpius Hugi,

DI tengah kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe yang beberapa waktu belakangan membutuhkan perawatan cukup intensif, roda pemerintahan Provinsi Papua dipastikan tetap berjalan normal. Agenda pemerintahan dan pelayanan publik serta agenda strategis lainnya dipastikan tetap berjalan.

"Jadi jika ada anggapan seakan-akan ada kevakuman pemerintahan, itu tidak benar. Berbagai agenda pemerintahan berjalan lancar, pelayanan publik masyarakat juga jalan, jadi tidak ada hambatan," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Papua, Elpius Hugi, kepada wartawan di Jakarta, Senin (27/6).

Dijelaskan Elpius, selama Gubernur Papua menjalankan pengobatan, roda pemerintahan otomatis dikendalikan oleh Sekda dibantu para asisten Gubernur dan Staf Ahli dan Kepala SKPD.

Lebih dari itu, selama ini kunjungan pemerintah pusat ke Provinsi Papua juga tertangani dengan baik. Dan beberapa agenda pemerintah pusat di Papua juga terfasilitasi baik oleh Pemerintah Provinsi Papua. 

"Artinya tidak ada persoalan dengan Pak Gubernur yang menjalankan pengobatan dengan pemerintahan yang seakan-akan vakum. Itu tidak benar," tukasnya.

Selama ini birokrasi pemerintahan provinsi Papua memiliki komitmen yang tinggi untuk memastikan pelayanan publik berjalan baik. 

Baca juga : Yayasan Amirul Ummah Salurkan 5.000 Alquran di Cianjur

"Beberapa Minggu belakangan ini ada kementerian banyak kegiatan di Papua, semua tertangani dengan baik, pelayanan publik semua jalan dan tidak ada hambatan dalam birokrasi," paparnya.

Elpius menambahkan. agenda PON XX Papua lalu yang berjalan sukses tidak terlepas dari kerja keras Pemprov Papua di bawah kepemimpinan Gubernur Lukas.

Bahkan di tengah kondisi kesehatan beliau yang membutuhkan perawatan, Gubernur Lukas kata dia memiliki semangat untuk memberikan yang terbaik. 

"Beliau punya semangat juang yang luar biasa. Kita bisa pastikan PON XX lalu yang sukses luar biasa itu karena semangat beliau. Pak Lukas beri contoh dan itu yang sekarang kami hayati di dalam birokasi pemerintahan Provinsi Papua," kata Elpius.

Ia berharap agar masyarakat tak perlu punya spekulasi berlebihan terkait kondisi kesehatan Gubernur Papua dengan roda pemerintahan Provinsi Papua. 

"Kita sama-sama berdoa saja agar kondisi kesehatan Pak Gubernur terus membaik, sehingga bisa mengendalikan sepenuhnya roda pemerintahan provinsi dan agenda besar yang kita jalankan berhasil dengan baik," pungkasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT