26 June 2022, 18:38 WIB

Kabupaten Sukabumi Mulai Vaksinasi PMK


Benny Bastiandy | Nusantara

ANTARA/Didik Suhartono
 ANTARA/Didik Suhartono
Vaksinasi PMK untuk hewan ternak.

KABUPATEN Sukabumi, Jawa Barat mulai melaksanakan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi hewan ternak. Tahap pertama, Kabupaten Sukabumi mendapatkan kuota sebanyak 3.400 dosis.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina, mengaku sudah mendapatkan distribusi vaksin PMK dari Pemprov Jabar. Prioritas pada tahap pertama dialokasikan bagi sapi perah serta unit-unit pembibitan.

"Vaksinasi sedang dilaksanakan. Tahap pertama memperoleh 3.400 dosis untuk unit pembibitan dan sapi perah," kata Dedah, Minggu (26/6).

Di Kabupaten Sukabumi terdapat sebanyak 351 ekor hewan ternak yang terjangkit PMK. Rinciannya, 238 ekor kondisinya sakit, 11 ekor mati, 20 ekor dipotong paksa, dan 82 ekor dinyatakan sudah sembuh. "Di Kabupaten Sukabumi ada 13 kecamatan yang terjangkit (PMK)," sebut Dedah.

Berkaitan rencana pemerintah yang akan mengganti hewan ternak yang dimusnahkan, Dedah mengaku Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi belum mengetahui teknisnya. Pasalnya, sampai saat ini secara resmi belum ada edarannya. "Belum ada tindak lanjutnya," pungkas Dedah.

Sementara di Kota Sukabumi, vaksinasi PMK rencananya akan diberikan pada hewan ternak mulai Senin (27/6). Pada tahap pertama, Kota Sukabumi mendapatkan jatah sebanyak 300 dosis.

"Insya Allah besok (Senin). Kuotanya sebanyak 300 dosis," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, Andri Setiawan, Minggu (26/6). (OL-15)

 

BERITA TERKAIT