25 June 2022, 19:06 WIB

Bangun Ekosistem Lingkungan, Nara Kupu Jogya Gelar Sosialisasi


Selamat Saragih | Nusantara

dok.ist
 dok.ist
Sosialisasi kawasan eduwisata Nara Kupu Jogya di kaki Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ditargetkan selesai dalam wak

PEMBANGUNAN kawasan eduwisata Nara Kupu Jogya di kaki Gunung Merapi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), ditargetkan selesai dalam waktu dekat. Sebab, banyak anak usia sekolah mulai tertarik menggelar kegiatan di lokasi itu sekaligus berdiskusi soal cara bertani dan mengelola sampah organik. 

"Kami juga terus melakukan sosialisasi kepada lurah dan perangkat daerah setempat agar dapat terus berkolaborasi menghadirkan wisata edukasi baru yang ramah lingkungan dan bermanfaat bagi warga sekitar Nara Kupu," ujar Field Manager Nara Kupu Jogya, Doni Darmawan, di Jakarta, Sabtu (25/6).

Dia menyatakan, pihaknya berkolaborasi tidak hanya dengan pemerintahan, Nara Kupu Jogya juga terbuka sama  siapa saja termasuk warga melalui macam macam program, misalnya pelatihan pertanian berkelanjutan," lanjut Doni.

Bahkan melalui urban farming, kata Doni, sebagai cabang dari Nara Kupu Village Sawangan, Depok, pihaknya memastikan bahwa konsep pertanian berkelanjutan dengan melibatkan warga dapat menjadi salah satu solusi pemanfaatan lahan agar lebih produktif. 

"Nantinya produk pertanian organik itu akan dipasarkan pihak Sayur Kendal melalui berbagai market place dan sejumlah outlet yang bermitra dengan Nara Kupu Jogya, seperti halnya sudah dilakukan NKV Depok," jelasnya. 

Penanggung Jawab Sayur Kendal, Rayhan Christian Siego, menjelaskan, pihaknya yakin bahwa Nara Kupu Jogya dapat menyedot perhatian warga kota pelajar tersebut. 

Terlebih, lanjut Rayhan, saat ini di kawasan tersebut juga sudah dilengkapi kuliner seperti Bakmi Jawa Mbah Walid, Morning Dew menyediakan kopi, teh, mie, roti dan salad serta menu yang akan datang yakni Pecel 57.

"Ini karena Nara Kupu akan menjadi salah satu kawasan agro education park terbaik di Jawa Tengah," ujar Rayhan.

"Kemarin ini lokasi kami jadi tempat wisuda SDN Pandanpuro I dan anak-anak sangat antusias menunggu Nara Kupu segera beroperasi," ujar Doni dan Rayhan. (OL-13) 

BERITA TERKAIT