23 June 2022, 17:05 WIB

Unggulkan Wisata Edukasi, Subak Desa Kertalangu Raih Penghargaan


Mediaindonesia.com | Nusantara

Dok.Pemkot Denpasar
 Dok.Pemkot Denpasar
 Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara (kanan) saat menerima penghargaan Promosi Desa Wisata Nusantara dari Wapres Maruf Amin. 

SEIRING mulai agak meredanya pandemi covid-19, pemerintah memang terus mendorong kembali dibukanya tempat-tempat wisata. Hal itu untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat pada khususnya dan nasional pada umumnya.

Tidak mengherankan jika sejumlah daerah juga mulai berinovasi menjaring wisatawan.  Salah satunya seperti dilakukan Denpasar yang mengunggulkan wisata edukasi di Subak Desa Kertalangu. Hasilnya Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima penghargaan Promosi Desa Wisata Nusantara, Kamis (23/6) di gedung pertemuan JS Luwansa Hotel dan Convention Center, Jakarta.

Penghargaan ini diserahkan Wakil Presiden RI K. H. Ma'ruf Amin dalam rangkaian penyerahan Coorporate Social Responsibility (CSR) dan Pembangunan Desa Berkelanjutan Awards 2022 yang diselenggarkaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonsia melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan. Hadir juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasnmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin dalam sambutannya menyampaikan bahwa promosi merupakan kunci pengembangan desa wisata tersebut. "Saya berharap BUMN dan Swasta terus mengembangkan program CSR dengan memotivasi masyarakat mendukung pengembangan desa wisata yang berkelanjutan," ujarnya.

Di samping itu Wapres Ma'ruf Amin berharap pengembangan desa wisata dapat mengembangkan lapangan kerja, terlebih dalam pasca pandemi saat ini. "Semoga penghargaan ini bisa memantik inspirasi bagi desa wisata yang lain," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

Ditemui usai menerima penghargaan, Wali Kota Jaya Negara menyampaikan ucapan terima kasih kepada  Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonsia melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan. "Kami ucapan terima kasih atas perhatian dan penghargaan dari Kemendes PDTT," ujar Jaya Negara.

Lebih lanjut disampaikan bahwa penghargaan ini tidak terlepas dari program Wisata Edukasi Subak Teba Majalangu yang merupakan salah satu destinasi wisata milik Desa Kesiman Kertalangu yang terletak di kawasan jogging track Desa Budaya Kertalangu. Wisata Teba Majelangu memiliki  konsep edukasi pertanian Bali yang diperkenalkan kepada anak-anak tentang metode-metode pertanian hingga melakukan praktek langsung.

Penghargaan ini juga tidak terlepas dari komitmen masyarakat Desa Kesiman Kertalangu dalam mewujudkan wisata edukasi di Desa setempat. Demikian juga peran dari pihak CSR yang mendukung peningkatan fasilitas Wisata Edukasi Subak Teba Majelangu.

"Penghargaan ini dapat memberikan cambuk semangat kepada masyarakat Desa Kesiman Kertalangu untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya Wisata Edukasi Teba Majelangu yang dapat memberikan manfaat edukasi, lingkungan dan juga ekonomi," ujar Jaya Negara yang hadir didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, I Wayan Budha, dan camat Denpasar Timur I Made Tirana.

Sementara Perbekel Desa Kesiman Kertalangu, I Made Suena menyampaikan Wisata Edukasi Subak Teba Majelangu berdiri sejak 2020 yang menjadi satu lokasi Desa Budaya Kertalangu. Wisata Edukasi Subak Teba Majelangu ini dihadirkan bukan hanya menyerap sekolah-sekolah dari Desa Kesiman Kertalangu saja, melainkan juga sekolah-sekolah di Bali, hingga ruang lingkup Nasional.

"Saat ini Teba Majelangu juga mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat dengan memberikan penghargaan sebagai promosi desa wisata nusantara, serta kami juga mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurha Jaya Negara beserta jajarannya yang juga telah memberikan perhatian dan mendukung keberadaan Teba Majelangu,” ujarnya. (RO/A-1)

 

BERITA TERKAIT