22 June 2022, 15:40 WIB

Polisi Kantongi Identitas Pembuang Puluhan Bangkai Kambing Terpapar PMK


Akhmad Safuan | Nusantara

DOK MI.
 DOK MI.
Ilustrasi.

POLISI sudah mengantongi identitas pembuang puluhan bangkai kambing di Sungai Serang, Desa Susukan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Beberapa bukti ditemukan dan pelaku mulai diburu untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kasus pembuangan 50 bangkai kambing terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK) di Sungai Serang itu masih menjadi pembicaraan ramai warga setempat. Bahkan akibatnya warga sekitar enggan menggunakan air sungai tersebut karena khawatir tertular virus pada hewan tersebut.

Biasanya aliran sungai banyak dipergunakan oleh penduduk setempat untuk kebutuhan cuci, minum ternak, mandi, serta mengaliri sawah maupun kebun. Dengan pembuangan puluhan bangkai kambing tersebut, warga terpaksa tidak lagi mempergunakan air sungai serta menutup aliran air ke sawah.

"Takut juga warga di sini menggunakan air sungai itu. Meskipun tidak dapat menulari manusia, tetapi warga jijik dan ngeri. Untuk sementara warga mengintensifkan menggunakan air sumur ataupun PDAM desa," ujar Arif, warga Susukan, Kabupaten Semarang.

Kepala Polres Semarang Ajun Komisaris Besar (AKB) Yovan Fatika memastikan pelaku pembuangan puluhan bangkai kambing diduga mati akivat terpapar PMK bakal ditindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku. "Kami memburu pelaku pembuangan bangkai kambing itu," ujarnya.

Baca juga: Banjir Rob masih Landa Pekalongan, Karyawan Pabrik Takut Di-PHK

Polisi menurunkan tim penyelidikan terhadap kasus tersebut. Berdasarkan penyelidikan petugas telah dapat mengantongi identitas pelaku yang diduga kuat berasal dari luar wilayah itu. Pasalnya di wilayah Susukan diketahui tidak ada peternak besar.

Identitas pelaku, ungkap Yovan, diketahui berdasarkan banyak temuan di lapangan dari mulai beberapa warga yang melihat truk berhenti cukup lama di sekitar lokasi kejadian pada malam sebelum ditemukan bangkai itu hingga tanda-tanda tertentu dari setiap bangkai kambing. Hasil identifikasi terhadap bangkai kambing ditemukan tanda identitas pemilik kambing kambing tersebut yakni registrasi atau identitas khusus yang menempel pada telinga setiap kambing. "Kami semakin intensif penyelidikan dan beberapa saksi telah dimintai keterangan. Segera peternak teridentifikasi akan dipanggil untuk diperiksa," imbuhnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT