21 June 2022, 21:13 WIB

Dari Jualan Stiker, Tom Liwafa Sukses Merambah ke Beragam Bisnis


mediaindonesia.com | Nusantara

Ist
 Ist
Pebisnis muda Tom Liwafa (kanan) dan istrinya, Delta Hesti (kedua dari kanan).

PANDEMI Covid-19 telah membawa dampak penurunan bagi perkembangan sejumlah bisnis. Bahkan sejumlah pebisnis harus memutuskan 'gulung tikar' usaha mereka terkena imbas pandemi.

Namun dengan strategi dan segera adaptif dengan kondisi, beberapa pelaku usaha justru berhasil dan bisnis terus melaju kencang.

Saat pandemi menggoyahkan sektor perdagangan, pebisnis Tom Liwafa dan istrinya, Delta Hesti, justru berhasil mengembangkan Deliwafa Store ke berbagai penjuru di Jawa Timur.

Pasangan suami istri asal 'Kota Pahlawan' Surabaya ini mengembangkan bisnis tak hanya buka toko secara offline dan tetapi juga online.

Pertumbuhan toko online begerak cepat saat pemerintah memberlakukan PPKM dengan pembatasan kegiatan sosial masyarakat.  

 Tak puas dengan toko online, Tom dan Delta merambah ke bisnis fashion dan kosmetik yang dikelola. Dengan 'tangan dingin' pasangan suami-istri ini, bisnis fashion dan kosmetik berkembang pesat.

Baca juga: Inilah Pengusaha Kuliner Muda yang Buat 'Aci Naik Kelas'

Tom pun dikenal sebagai pengusaha yang sukses yang bergerak di bisnis tas dan sepatu merek Handmadeshoesby dan Delvationstory.

Berkat bisnisnya yang bersinar, sebagai pengusaha muda, Tom pun dijuluki “Crazy Rich dari Surabaya”. 

Selain sebagai pengusaha milenial, Tom juga pengguna aktif media sosial, yang sepak terjangnya sering ia pertontonkan di akun pribadinya. Tom tampaknya menyukai konten-konten yang bisa viral.

Tahun lalu, misalnya, ia juga sempat viral di medsos karena membeli supercar milik Atta Halilintar, yaitu BMW i8 seharga Rp 3 miliar yang dibayar secara tunai.

Kepada media belum lama ini, Tom bertutur, berbisnis adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dia mengatakan  bisnis awalnya adalah jualan stiker hingga clothing line band rock metal. 

Dari menjual stiker dan kaus band, usaha Tom berkembang. Ia kemudian menjual sepatu dan tas wanita.

Menggunakan merek Handmadeshoesby dan Delvationstory, bisnis grosir tas dan sepatu di Surabaya ini dirintisnya bersama sang istri, Delta Hesti Chandra Pratiwi.

Lebih dari 10 tahun terakhir, Tom berhasil memiliki 12 lini usaha bisnis di berbagai bidang, di antaranya fashion, food and beverage, dan entertainment.

 Baginya, tidak ada keharusan menggeluti bisnis tertentu. Ia hanya mengacu pada bisnis yang sedang menjadi tren. 

Yang terbaru, Tom Liwafa dan Delta Hesti tengah mengembangkan bisnis Deliwafa Store untuk memenuhi segala kebutuhan wanita, dari fashion hingga kosmetik.

Belum lama ini dirinya membuka cabang di Kota Gresik dan Sidoarjo, dan terus bergerak untuk membuka di kota-kota lain di Indonesia.

Tangan kreatifnya berhasil membawa Deliwafa Store viral di dunia maya.

Menurut Tom, dalam bisnis yang terpenting peka dengan kebutuhan pasar dan mampu menerjemahkan permintaan pasar menjadi sebuah produk baru atau inovasi baru.

Melalui Deliwafa Store ia berharap bisa membantu dengan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

 "Harapannya, di tengah pandemi yang belum usai, kami bisa tetap membuka ribuan lapangan pekerjaan untuk masyarakat," pungkasnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT