21 June 2022, 17:31 WIB

Pembalap dari 16 Negara Dipastikan Bakal Jajal Sirkuit MXGP Samota


Yusuf Riaman | Nusantara

MI/Yusuf Riaman
 MI/Yusuf Riaman
Sirkuit Samota di Sumbawa

PEMBALAP dari 16 negara dipastikan akan bertarung menjajal sirkuit Samota pada ajang MXGP yang akan berlangsung pada 24-26 Juni di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Koordinator lapangan pembangunan Sirkuit Samota Ridwan mengatakan hingga Selasa (21/6), sudah ada 35 pembalap dari 16 negara yang akan mengikuti MXGP. Dari jumlah tersebut, 21 orang akan mengikuti kelas MMX One dan 14 orang ikut pada kelas MMX Two. Selain itu, juga ada empat pembalap asal Indonesia yang dikabarkan bakal mengikuti ajang motocross MXGP.

"Dua pembalap dipastikan akan hadir, mereka akan ikut di kelas MMX One, namun dua lainnya masih akan dikonfirmasikan kehadirannya," kata Ridwan kepada wartawan, Selasa (21/6).

Dikatakan Ridwan, dengan kehadiran pembalap nasional pada ajang balap motor sekelas MXGP merupakan suatu kebanggaan.

"Semoga ini memberikan motivasi bagi pembalap-pembalap pemula di daerah untuk nantinya bisa berkiprah di ajang sekelas MXGP," ujarnya.

Baca juga: Tim Motocross MXGP Mulai Berdatangan di Sumbawa

Berdasarkan pemantauan Media Indonesia di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III Sumbawa Besar, Selasa (21/6), nampak sejumlah kru pembalap MXGP terus berdatangan. Menurut Ridwan, kedatangan dibagi dua, tim dari infront Motor Racing yang telah tiba secara berangsur sejak Senin (20/6) sekitar 59 orang, menyusul sekitar 190 orang kru dan tim.

"Puncak kedatangan kru, tim dan pembalap pada Kamis (23/6), menggunakan pesawat charter dari Jakarta transit Lombok dan selanjutnya menggunakan Wings Air ke Sumbawa," tutur Ridwan.

Ridwan menyebutkan, tentang progres pembangunan kesiapan sirkuit Samota sudah 100%, hanya tinggal beberapa bagian yang dalam tahap penyelesaian. Sirkuit Samota memiliki panjang 1,8 km dengan trek yang terdiri dari 16 tikungan, berada sekitar 7 km dari bandara Sumbawa Besar.(OL-5)

BERITA TERKAIT