21 June 2022, 15:57 WIB

Angin Kencang Landa Beberapa Daerah Kalimantan Selatan, Satu Tewas


Denny Susanto | Nusantara

DOK MI.
 DOK MI.
Ilustrasi.

ANGIN kencang kembali melanda sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan yang menyebabkan belasan rumah warga rusak dan satu orang tewas. Serangan angin kencang atau puting beliung terjadi pada Senin (20/6) petang menyapu sejumlah desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Kota Banjarmasin. 

"Daerah terparah dilanda puting beliung ialah Desa Bamban Utara, Kecamatan Angkinang, Hulu Sungai Selatan. Satu orang tewas akibat kabel listrik yang putus tertimpa pohon tumbang," ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Mujiyat, Selasa (21/6).

Data Pusdalops BPBD Hulu Sungai Selatan menyebutkan ada 14 keluarga atau 45 jiwa terdampak serangan angin puting beliung di Desa Bamban Utara. Sebanyak 11 rumah rusak ringan hingga berat disapu angin dan tiga rumah lain rusak ditimpa pohon. Satu warga tewas bernama Jairani, 57.

Serangan angin puting beliung juga terjadi di Desa Pengambau Hilir Luar, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang mengakibatkan dua rumah warga rusak. Di Kota Banjarmasin, angin kencang menyebabkan sejumlah pohon tumbang dan salah satunya menimpa kantor Kecamatan Banjarmasin Barat.

Baca juga: Hampir Separuh Warga Kalsel belum Peroleh Layanan Air Bersih

Selain angin kencang, wilayah Kota Banjarmasin sejak sepekan terakhir terendam akibat pengaruh kondisi pasang air laut. Genangan air setinggi 20-30 sentimeter merendam jalan-jalan dan area permukiman penduduk, terutama yang berdekatan dengan sungai. 

BPBD Kota Banjarmasin mencatat sedikitnya ada 10 titik areal terendam banjir rob yang tersebar di lima kecamatan di daerah berjuluk Kota Seribu Sungai tersebut. Di sisi lain Kalsel saat ini dalam status siaga darurat Karhutla. (OL-14)

BERITA TERKAIT