19 June 2022, 15:23 WIB

Pembobol ATM di Pasar Lembang Bandung Diciduk


Depi Gunawan | Nusantara

medcom.id/MOhammad Rizal
 medcom.id/MOhammad Rizal
Ilustrasi pembobol ATM

PETUGAS keamanan menangkap seorang warga yang kepergok membobol mesin ATM di Pasar Panorama, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Pelaku kini telah diamankan di kantor polisi.

Pelaku diketahui mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) seorang diri pada Sabtu (18/6) pagi saat kondisi pasar masih sepi. Dirasakan aman, pelaku kemudian melancarkan aksinya. Pelaku tidak sadar jika sejumlah petugas keamanan sudah mengintai gerak geriknya sejak Sabtu dini hari karena seringnya kejadian pembobolan mesin ATM di Pasar Panorama.

"Tim keamanan pasar sudah stand by di sekitar lokasi dari pukul 03.00 WIB. Kemudian pelaku memasuki area pasar pukul 05.30 WIB. Sekitar 45 menit kemudian pelaku diciduk," kata Babinsa Lembang Peltu Budiono, Minggu (19/6).

Budiono mengatakan, mesin ATM di Pasar Panorama kerap menjadi sasaran kejahatan pelaku. Sedikitnya, telah tiga kali percobaan pembobolan. Usai ditangkap, pelaku lalu dibawa ke pos keamanan untuk diinterogasi dan mencegah agar tidak dihakimi massa.

"Sudah tiga kali kejadian pengrusakan mesin ATM, dan kemarin pagi pelaku berhasil disergap saat melancarkan aksinya," ucap Koordinator Keamanan Pasar Panorama ini.

Baca juga: PMJ Tangkap WN Latvia Pembobol ATM dengan Modus Skimming

Kapolsek Lembang AKP Hadi Mulyadi memastikan uang dalam ATM masih aman alias tidak ada yang berhasil ditarik karena pelaku keburu ditangkap. Kendati demikian, pihaknya tetap akan melakukan proses hukum dengan meminta keterangan lebih lanjut terhadap pelaku.

"Sekarang masih kita dalami karena kemungkinan pelaku juga pernah beraksi di tempat yang lain," imbuhnya.

Polisi mengamankan barang bukti di antaranya satu unit sepeda motor dengan STNK atas nama Ahmad Jahri, tiga buah kartu ATM, gembok yang dirusak, KTP pelaku, uang Rp29 ribu dan satu ponsel.(OL-5)

BERITA TERKAIT