19 June 2022, 10:50 WIB

BPBD Babel Himbau Masyarakat Pesisir Waspada Banjir Rob


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

MI/Rendy Ferdiansyah
 MI/Rendy Ferdiansyah
Masyarakat di Bangka Belitung rawan banjir rob karena wilayahnya dikelilingi laut.

RATUSAN rumah yang berada di daerah pesisir di Kabupaten Bangka Barat (Babar) dan kota Pangkalpinang terendam banjir rob belum lama ini. Potensi banjir rob di daerah tersebut cukup tinggi.

Lantaran itu, Badan Penanggangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menghimbau masyarakat yang berada di daerah pesisir untuk selalu waspada. Sebab, jelas Kepala BPBD Babel Mikron antariksa, Babel merupakan salah satu provinsi kepulauan yang banyak sekali
daerah pesisirnya sehingga rawan banjir rob

"Kita ini kan kepulauan banyak di kelilingi laut. Begitu pula sungai, sehingga ketika hujan lebat di tambang pasang air laut tinggi akan meluap dan mengakibatkan banjir,"kata Mikron. Minggu (19/6).

Ia menyebutkan seperti banjir rob terjadi di Pangkalpinang pada Kamis (16/6) malam sekitar pukul 22.30 WIB, kemudian di Bangka Barat sekitat pukul 23.30 WIB.

"Di Pangkalpinang rumah terdampak ada di empat kelurahan. kelurahan bukit intan,kelurahan pasir putih, kelurahan taman sari dan opas indah totalnya 120 kepala keluarga dengan 340 jiwa," ujarnya.

Sedangkan lanjut Mikron untuk di Bangka Barat di kampung Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok,"di Bangka Barat ini ada 50 rumah terdampak dengan 200 jiwa," ujarnya.

Ia memastikan saat ini air sudah surut, namun pihaknya menghimbau masyarakat yang berada di pesisir tetap waspada. "Air laut pasang malam, jadi kita minta masyarakat waspada. Mengingat potensi rob masih akan terjadi," ucap Mikron.(OL-13)

Baca Juga: Bersama Kementan, Erick Thohir Janjikan BUMN Siap Sinergi Atasi PMK di Jawa Timur

BERITA TERKAIT