18 June 2022, 23:15 WIB

Tim SAR Temukan Dua ABK Korban Tabrakan Kapal di Perairan Pantai Cermin


Yoseph Pencawan | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi

SETELAH tiga hari pencarian, dua ABK kapal ikan yang hilang setelah kapalnya tenggelam ditabrak kapal kargo di Perairan Pantai Cermin, Kabupaten Serdangbedagai, Sumatra Utara, ditemukan.

Toto Mulyono, Kepala Kantor SAR Medan, mengatakan pihaknya telah menyelesaikan pencarian dua ABK kapal ikan yang sebelumnya dilaporkan hilang di Perairan Pantai Cermin. "Keduanya ditemukan pada hari ini pada waktu yang berbeda, dalam keadaan meninggal," ungkapnya, Sabtu (18/6).

Bermula pada Kamis (16/6) sekitar pukul 06.00 WIB, Kapal KM Azmi berangkat dari Pagurawan menuju laut untuk menangkap kepiting. Pada sekitar pukul 10.15 WIB KM Azmi  yang berada di sekitar jalur perlintasan kapal niaga melakukan lego jangkar.

Para awak kapal ingin beristirahat sembari menunggu hasil tangkapan. Namun sekitar pukul 12.00 WIB melintas sebuah kapal kargo dari arah Pelabuhan Belawan dan langsung menabrak KM Azmi.

Kapal ikan itu pun hancur dan tenggelam. Namun kapal kargo yang belum diketahui namanya itu tetap melanjutkan perjalanan meninggalkan lokasi kejadian.

Kejadian tersebut mengakibatkan empat awak kapal, yang terdiri satu nakhoda dan empat ABK, tercebur ke laut. Nakhoda yang bernama Safi'i, 45, dan salah satu ABK, Suherman, 42, dapat diselamatkan kapal nelayan yang melintas. Sementara dua ABK lainnya hilang.

Setelah dilakukan pencarian, dua ABK tersebut Sutris, 44 dan Siitam, 40, berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT