17 June 2022, 20:53 WIB

Angka Stunting Di Kota Padang Ditarget Di Bawah 14% Pada 2024


Yose Hendra | Nusantara

DOK MI
 DOK MI
Ilustrasi 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat, menargetkan angka stunting pada 2024 di bawah 14 persen. Saat ini, angka stunting di Kota Padang sebesar 18,9 persen.

"Secara nasional pemerintah menargetkan angka Stunting turun dari 24 persen menjadi 14 persen, sementara untuk Sumatera Barat angka Stunting berada di kisaran 23 persen. Kota Padang untuk awal 2022 angka stunting tercatat 18,9 persen, untuk tahun 2024 kita menargetkan berada di bawah 14 persen," jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Editiawarman, Jumat (17/6).

Ia menjelaskan penurunan angka stunting difokuskan pada kolaborasi  penurunan angka yang lebih signifikan. "Intinya bagaimana kita bersama-sama mengintervensi persoalan stunting dari hulu, dengan melibatkan seluruh komponen dan mencakup semua aspek,"  ujar Editiawarman.

Diantara upaya mengatasi stunting tersebut, menurutnya, adalah dengan menyiapkan para calon pengantin (catin) agar benar-benar sehat, kemudian mengedukasi dan melakukan pendampingan terhadap ibu hamil terkait pola makan serta asupan gizi, pola asuh anak hingga membantu sanitasi rumah yang tidak layak.

Untuk mencapai target tersebut telah dibentuk Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di 11 kecamatan dan 104 kelurahan yang akan didukung oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK). "Mulai tahun ini kedua tim akan berkoordinasi guna melahirkan program-program terbaik dalam upaya penurunan angka stunting di Kota Padang," tandasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT